Text
SKRIPSI STUDI EKSPERIMEN PENGARUH VARIASI BERAT ROLLER DAN PEGAS CVT TERHADAP PERFORMA DAN KONSUMSI BAHAN BAKAR DI SEPEDA MOTOR MATIC 155 CC
Penel itian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh variasi berat roller dan kekakuan pegas CVT terhadap performa mesin serta konsumsi bahan bakar spesifik (SFC) pada sepeda motor matic berkapasitas 155 cc. Metode eksperimen digunakan dengan memanfaatkan alat dynotest untuk mengukur daya dan torsi, serta stopwatch dan gelas ukur untuk mengukur konsumsi bahan bakar. Variasi berat roller yang digunakan adalah 12 gram, 13 gram, dan 14 gram, sedangkan pegas CVT di variasikan menjadi 1000 rpm, 1300 rpm, dan 1500 rpm. Pengujian dilakukan pada putaran mesin mulai dari 5000 rpm hingga 8000 rpm. Hasil pengujian menunjukkan bahwa kombinasi roller 12 gram dengan pegas CVT 1500 rpm menghasilkan performa daya dan torsi tertinggi secara konsisten, terutama pada putaran mesin 6500 rpm hingga 7500 rpm. Kombinasi ini memberikan respons perpindahan rasio transmisi yang optimal sehingga mampu mempertahankan efisiensi pembakaran dan akselerasi mesin. Sementara itu, konsumsi bahan bakar spesifik paling rendah ditemukan pada kombinasi roller 13 gram dan pegas CVT 1300 rpm, terutama pada putaran tinggi, menunjukkan efisiensi yang lebih baik untuk penggunaan konstan.
Tidak tersedia versi lain