Text
SKRIPSI PERANCANGAN SEPEDA LISTRIK DENGAN PENERAPAN SISTEM DUAL MOTOR
Sepeda listrik umumnya memiliki keterbatasan performa ketika digunakan di medan menanjak atau jalan dengan kemiringan tinggi. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk merancang sepeda listrik yang lebih bertenaga melalui penerapan sistem dual motor, sehingga dapat meningkatkan akselerasi, efisiensi energi, dan kekuatan struktural kendaraan. Fokus utama dalam penelitian ini mencakup tiga aspek, yaitu desain sepeda listrik, analisis kekuatan rangka, serta evaluasi kinerja sistem kelistrikan. Metode yang digunakan mengandalkan simulasi berbasis perangkat lunak, dengan pendekatan analisis mekanis untuk kekuatan struktur dan simulasi kelistrikan menggunakan MATLAB Simulink. Hasil perancangan menunjukkan bahwa rangka sepeda dengan panjang 1150 mm dan tinggi 1200 mm, serta peletakan baterai di bagian bawah rangka, mampu memberikan keseimbangan distribusi massa yang optimal. Dari hasil simulasi kekuatan struktur, diketahui bahwa rangka dapat menahan beban maksimum 100 kg dengan deformasi hanya 1 mm, serta memiliki faktor keamanan sebesar 2,5 yang menunjukkan bahwa rangka tersebut cukup kuat dan aman digunakan. Sementara itu, dari sisi kelistrikan, sistem dual motor memberikan performa yang solid, dengan arus puncak mencapai 50,2 ampere, tegangan sebesar 50,13 volt, serta mampu menempuh jarak hingga 10,89 kilometer dalam satu kali pengisian baterai. Kecepatan maksimum yang dapat dicapai oleh kendaraan ini adalah 37,24 km/jam. Berdasarkan keseluruhan hasil tersebut, penerapan sistem dual motor terbukti efektif dalam meningkatkan kinerja dan kestabilan sepeda listrik.
Tidak tersedia versi lain