PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

SKRIPSI EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN ICARE (INTRODUCTION, CONNECTION, APPLICATION, REFLECTION, DAN EXTENSION) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF MATEMATIS DITINJAU DARI SELF-EFFICACY

RIZQI ESTU ANGGUNANI - Nama Orang;

Salah satu komponen agar meraih tujuan pembelajaran matematika adalah kemampuan berpikir khususnya kemampuan berpikir reflektif. Temuan setelah dilakukan tes awal di SMP Negeri 4 Magelang didapat nilai rata-rata sebesar 57,42 dari nilai maksimal 100 yang termasuk dalam kategori rendah. Selain itu, penggunaan model pembelajaran inovatif serta beragam belum dilakukan. Rendahnya keaktifan dan kemandirian peserta didik, kurangnya kesempatan untuk mengemukakan pendapat, serta tidak adanya umpan balik dari guru turut menjadi faktor yang memengaruhi rendahnya kemampuan berpikir reflektif matematis. Tujuan dari penelitian ini untuk (1) menganalisis kemampuan berpikir reflektif matematis peserta didik yang diterapkan model pembelajaran ICARE (Introduction, Connection, Application, Reflection, dan Extension) dibandingkan peserta didik yang diterapkan model pembelajaran langsung; (2) menganalisis perbedaan kemampuan berpikir reflektif matematis antara peserta didik dengan self-efficacy tinggi, sedang dan rendah; serta (3) menganalisis interaksi model pembelajaran yang ditinjau dari self-efficacy terhadap kemampuan berpikir reflektif matematis peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain faktorial. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran dan self-efficacy, sedangkan variabel terikatnya yaitu kemampuan berpikir reflektif matematis. Sejumlah 64 peserta didik dari kelas VIII D dan VIII E menjadi sampel dalam penelitian. Penelitian yang dilakukan menggunakan soal pretest and posttest, angket self-efficacy, angket validasi, lembar observasi serta pedoman wawancara sebagai instrumen penelitian. Teknik analisis data yang dilakukan terbagi menjadi dua tahapan yaitu analisis data awal dan akhir. Analisis pretest diawali dengan uji prasyarat meliputi uji normalitas dengan uji liliefors, homogenitas dengan uji bartlett, dan uji independent sample t-test sedangkan analisis data akhir yang diterapkan adalah uji prasyarat (normalitas dan homogenitas), uji anava dua jalan, apabila hasil uji anava dua jalan memiliki perbedaan dilanjutkan dengan uji scheffe. Hasil analisis data pretest dan posttest menghasilkan data yang berdistribusi normal dan homogen.


Ketersediaan
#
Ruang Skripsi (PENDIDIKAN MATEMATIKA) MATEMATIKA ANG E 2025
69-UN57.U1-SPM-VIII-2025
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
MATEMATIKA ANG E 2025
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2025
Deskripsi Fisik
XIX;250HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
510
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_MATEMATIKA
FAKULTAS_FKIP
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • FULL TEXT
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?