PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

SKRIPSI PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUGMENTED REALITY “GEMAR” DENGAN PENDEKATAN CONCRETE PICTORIAL ABSTRACT (CPA) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SLOW LEARNER SMP

NINGRUM ASLIKHATUL KHIROM - Nama Orang;

Slow learner mengalami kesulitan menyelesaikan soal matematika tentang permasalahan konkret kehidupan sehari-hari dalam bentuk notasi abstrak. Dalam mempelajari matematika, memiliki kemampuan pemecahan masalah merupakan kemampuan praktikal yang penting dipelajari. Namun, berdasarkan hasil tes kemampuan awal pemecahan masalah slow learner kelas VIII C di SLBN Kota Magelang masih tergolong rendah dengan perolehan rata-rata yaitu 45,96. Oleh karena itu, kemampuan pemecahan masalah slow learner perlu ditingkatkan. Di sisi lain, berdasarkan hasil wawancara siswa dan guru didapati bahwa pemanfaatan teknologi media pembelajaran matemematika masih kurang kreatif dan jarang digunakan. Sehingga dibutuhkan variasi media pembelajaran dengan teknologi untuk mendukung kemampuan siswa dalam pemecahan masalah. Oleh karena itu dilakukannya penelitian pengembangan media pembelajaran augmented reality GEMAR dengan pendekatan concrete pictorial abstract (CPA). Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan media GEMAR dengan pendekatan CPA. Jenis penelitian ini Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang meliputi Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Sampel penelitian yaitu slow learner kelas VIII C SLBN Kota Magelang, berjumlah 9 siswa yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data instrumen yang digunakan berupa angket, wawancara, observasi, dan soal tes. Analisis data diantaranya analisis kevalidan dari ahli media serta ahli materi, analisis kepraktisan dari angket respon siswa, dan analisis keefektifan melalui uji normalitas liliefors, uji paired sample t-test, kemudian N-Gain.
Penelitian menunjukkan hasil sebagai berikut: 1) Media pembelajaran GEMAR dengan pendekatan CPA dinyatakan valid oleh ahli materi dengan persentase 80% dan sangat valid dari ahli media sebesar 86,48%: 2) Media pembelajaran GEMAR dengan pendekatan CPA dinyatakan sangat praktis sebesar 82,74%; dan 3) Media pembelajaran GEMAR dengan pendekatan CPA dinyatakan efektif dengan rata-rata peningkatan N-Gain sebesar 0,806 yang masuk kategori tinggi. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa produk pengembangan berupa media pembelajaran GEMAR dengan pendekatan CPA telah memenuhi syarat valid, praktis, dan efektif. Sedemikian sehingga, media GEMAR dapat digunakan dalam proses pembelajaran terutama untuk mendukung kemampuan pemecahan masalah bagi slow learner. Adapun saran dari peneliti yaitu adanya variasi dalam mengembangkan media pembelajaran serupa yang lebih inovatif pada materi pembelajaran matematika lainnya.


Ketersediaan
#
Ruang Skripsi (PENDIDIKAN MATEMATIKA) MATEMATIKA KHI P 2025
70-UN57.U1-SPM-VIII-2025
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
MATEMATIKA KHI P 2025
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2025
Deskripsi Fisik
XVII;206HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
510
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_MATEMATIKA
FAKULTAS_FKIP
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • FULL TEXT
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?