Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUGMENTED REALITY “GEMAR†DENGAN PENDEKATAN CONCRETE PICTORIAL ABSTRACT (CPA) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SLOW LEARNER SMP
Slow learner mengalami kesulitan menyelesaikan soal matematika tentang permasalahan konkret kehidupan sehari-hari dalam bentuk notasi abstrak. Dalam mempelajari matematika, memiliki kemampuan pemecahan masalah merupakan kemampuan praktikal yang penting dipelajari. Namun, berdasarkan hasil tes kemampuan awal pemecahan masalah slow learner kelas VIII C di SLBN Kota Magelang masih tergolong rendah dengan perolehan rata-rata yaitu 45,96. Oleh karena itu, kemampuan pemecahan masalah slow learner perlu ditingkatkan. Di sisi lain, berdasarkan hasil wawancara siswa dan guru didapati bahwa pemanfaatan teknologi media pembelajaran matemematika masih kurang kreatif dan jarang digunakan. Sehingga dibutuhkan variasi media pembelajaran dengan teknologi untuk mendukung kemampuan siswa dalam pemecahan masalah. Oleh karena itu dilakukannya penelitian pengembangan media pembelajaran augmented reality GEMAR dengan pendekatan concrete pictorial abstract (CPA). Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan media GEMAR dengan pendekatan CPA. Jenis penelitian ini Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang meliputi Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Sampel penelitian yaitu slow learner kelas VIII C SLBN Kota Magelang, berjumlah 9 siswa yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data instrumen yang digunakan berupa angket, wawancara, observasi, dan soal tes. Analisis data diantaranya analisis kevalidan dari ahli media serta ahli materi, analisis kepraktisan dari angket respon siswa, dan analisis keefektifan melalui uji normalitas liliefors, uji paired sample t-test, kemudian N-Gain.
Penelitian menunjukkan hasil sebagai berikut: 1) Media pembelajaran GEMAR dengan pendekatan CPA dinyatakan valid oleh ahli materi dengan persentase 80% dan sangat valid dari ahli media sebesar 86,48%: 2) Media pembelajaran GEMAR dengan pendekatan CPA dinyatakan sangat praktis sebesar 82,74%; dan 3) Media pembelajaran GEMAR dengan pendekatan CPA dinyatakan efektif dengan rata-rata peningkatan N-Gain sebesar 0,806 yang masuk kategori tinggi. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa produk pengembangan berupa media pembelajaran GEMAR dengan pendekatan CPA telah memenuhi syarat valid, praktis, dan efektif. Sedemikian sehingga, media GEMAR dapat digunakan dalam proses pembelajaran terutama untuk mendukung kemampuan pemecahan masalah bagi slow learner. Adapun saran dari peneliti yaitu adanya variasi dalam mengembangkan media pembelajaran serupa yang lebih inovatif pada materi pembelajaran matematika lainnya.
Tidak tersedia versi lain