Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN APLIKASI “MATHSTAT†BERBANTUAN MODEL FLIPPED CLASSROOM TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS X
Pemahaman konsep matematika menjadi sebuah hal penting dalam mempelajari matematika. Berdasarkan hasil pretest pemahaman konsep matematis siswa di SMA Negeri 1 Magelang tergolong rendah. Bahan ajar yang dipakai terbatas dan belum terintegrasi oleh teknologi. Siswa membutuhkan materi yang bisa dibuka kapan saja dan dibaca berulang. Selain itu, pembelajaran yang digunakan masih memakai metode pembelajaran langsung. Maka, dilakukan pengembangan bahan ajar berupa aplikasi MATHSTAT berbantuan model Flipped Classroom terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas X. Penelitian ini bertujuan guna menganalisis kevalidan, kepraktisan, keefektifan dari aplikasi MATHSTAT berbantuan model Flipped Classroom terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Penelitian ini termasuk jenis penelitian dan pengembangan melalui model pengembangan ADDIE menurut Branch dimana mencakup 5 tahapan utama, yaitu analyze, design, development, implementation, dan evaluation. Populasi penelitian ini yakni siswa kelas X tahun ajaran 2024/2025 SMA Negeri 1 Magelang. Sampel penelitian ini yakni siswa kelas X-G SMA Negeri 1 Magelang dengan sampel berjumlah 35 siswa. Instrumen yang dipakai berupa angket analisis kebutuhan, lembar wawancara, angket kevalidan, angket kepraktisan, soal tes kemampuan pemahaman konsep matematis, dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Metode pengumpulan data penelitian ini yakni angket, wawancara, serta tes. Metode analisis data yang dipakai yakni uji validitas oleh penilaian ahli, uji kepraktisan, serta uji keefektifan mengacu pada hasil pretest dan posttest siswa melalui uji normalitas, uji perbedaan rerata, dan uji N-Gain. Hasil penelitian ini yakni produk aplikasi MATHSTAT berbantuan model Flipped Classroom dinyatakan valid dengan tingkat kevalidan sebesar 79,5% berkategori valid. Produk juga dinyatakan praktis dengan tingkat kepraktisan sebesar 83,275% berkategori sangat praktis. Kemudian, produk dinyatakan efektif dengan adanya perbedaan uji rata-rata pada hasil pretest dan posttest, serta terdapat peningkatan skor N-Gain sebesar 0,47 berkategori sedang. Perolehan skor tersebut menunjukkan bahwa aplikasi “MATHSTAT†berbantuan model Flipped Classroom yang dikembangkan dinyatakan valid, praktis, dan efektif dalam pembelajaran. Aplikasi ini dapat dikembangkan lagi dengan menambah referensi berupa video pembelajaran pada setiap subbab materi agar memudahkan siswa mempelajari materi ketika pra-kelas.
Tidak tersedia versi lain