PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

SKRIPSI PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DENGAN BANTUAN GENIALLY TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI MINAT BELAJAR

YUMSI NURUL HAMIMAH - Nama Orang;

Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa adalah kemampuan siswa dalam memahami, menjelaskan, dan menerapkan konsep yang telah dipelajari untuk menyelesaikan permasalahan dalam matematika. Namun, hasil tes kemampuan awal pemahaman konsep matematis siswa kelas VII SMP Negeri 3 Magelang masih tergolong rendah dengan nilai rata-rata 49,07. Oleh karena itu, inovasi pembelajaran diterapkan untuk mengembangkan kemampuan pemahaman konsep dengan menggunakan model TAI berbantuan genially. Penelitian ini bertujuan untuk pertama, menganalisis perbandingan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran TAI berbantuan genially dengan siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran langsung. Kedua, untuk menganalisis kemampuan pemahaman konsep matematis siswa berdasarkan minat belajar. Terakhir, tujuan penelitian ini untuk menganalisis ada atau tidaknya interaksi antara model pembelajaran dan minat belajar terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantiatif berupa eksperimen semu dengan desain penelitian the nonequivalent posttest-only control group design. Variabel bebas pada penelitian ini adalah model pembelajaran dan minat belajar, sedangkan kemampuan pemahaman konsep matematis sebagai variabel terikat. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII di SMP Negeri 3 Magelang. Dengan teknik cluster random sampling diperoleh kelas VII G sebagai kelas eksperimen dan kelas VII H sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, tes, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji analisis varians dua jalan dengan sel tak sama yang dilanjutkan dengan uji Scheffe jika hasil uji analisis varians dua jalan memiliki perbedaan.
Berdasarkan analisis uji lanjut, diperoleh kesimpulan bahwa (1) kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran TAI berbantuan genially lebih baik daripada siswa yang diajar dengan model pembelajaran langsung; (2) siswa dengan minat belajar tinggi memiliki kemampuan pemahaman konsep matematis yang sama baiknya dengan siswa minat belajar sedang, siswa dengan minat belajar sedang memiliki kemampuan pemahaman konsep matematis yang sama baiknya dengan siswa minat belajar rendah, dan siswa dengan minat belajar tinggi memiliki kemampuan pemahaman konsep matematis yang lebih baik dibandingkan dengan siswa minat belajar rendah; dan (3) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan minat belajar terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Saran yang diberikan pada penelitian ini, yaitu dalam penerapan model pembelajaran TAI guru perlu mempertimbangkan pembagian waktu agar proses pembelajaran berjalan dengan baik.


Ketersediaan
#
Ruang Skripsi (PENDIDIKAN MATEMATIKA) MATEMATIKA HAM P 2025
73-UN57.U1-SPM-VIII-2025
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
MATEMATIKA HAM P 2025
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2025
Deskripsi Fisik
XX;342HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
510
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_MATEMATIKA
FAKULTAS_FKIP
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • FULL TEXT
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?