PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

SKRIPSI EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) DENGAN STRATEGI ADVISOR GROUP TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN ALJABAR

AFI DUROTUN NAFI’A - Nama Orang;

Kemampuan penalaran aljabar menjadi salah satu aspek yang dibutuhkan dalam pembelajaran matematika. Berdasarkan tes kemampuan awal penalaran aljabar peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Mertoyudan menunjukkan rata-rata 33,70, yang artinya kemampuan penalaran aljabar peserta didik termasuk dalam kategori rendah. Kurangnya keterlibatan peserta didik selama pembelajaran dan model pembelajaran yang kurang bervariasi, serta strategi pembelajaran untuk menunjang model pembelajaran agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik. Oleh karena itu, dibutuhkan model pembelajaran yang dipadukan dengan strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan keaktifan peserta didik dan pembelajaran lebih menarik, salah satunya yaitu model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) dengan strategi Advisor Group. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis ketuntasan secara klasikal kemampuan penalaran aljabar yang diajarkan menggunakan model pembelajaran TGT dengan strategi Advisor Group dan ketuntasan secara klasikal yang diajarkan menggunakan model pembelajaran langsung. Tujuan lain dari penelitian ini yaitu menganalisis keefektifan model pembelajaran TGT dengan startegi Advisor Group dibandingkan dengan model pembelajaran langsung terhadap kemampuan penalaran aljabar. Metode penelitian yang digunakan yakni kuantitatif dengan desain penelitian quasi experimental berbentuk posttest-only control group design. Populasi dalam penelitian ini yakni seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Mertoyudan dan sampel dipilih menggunakan teknik cluster random sampling, kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII D sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni wawancara, observasi, dan tes kemampuan penalaran aljabar. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji statistik z dan uji independent sample t-tes.
Berdasarkan hasil pengujian, maka dapat disimpulkan bahwa 1) Kemampuan penalaran aljabar peserta didik yang diajarkan menggunkan model pembelajaran TGT dengan strategi Advisor Group mencapai ketuntasan secara klasikal. 2) Kemampuan penalaran aljabar peserta didik yang diajarkan menggunakan model viii pembelajaran langsung belum mencapai ketuntaan secara klasikal. 3) Model pembelajaran TGT dengan strategi Advisor Group lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran langsung terhadap kemampuan penalaran aljabar.


Ketersediaan
#
Ruang Skripsi (PENDIDIKAN MATEMATIKA) MATEMATIKA NAF E 2025
81-UN57.U1-SPM-VIII-2025
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
MATEMATIKA NAF E 2025
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2025
Deskripsi Fisik
XVIII;206HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
510
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_MATEMATIKA
FAKULTAS_FKIP
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • FULL TEXT
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?