Text
SKRIPSI EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) DENGAN STRATEGI ADVISOR GROUP TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN ALJABAR
Kemampuan penalaran aljabar menjadi salah satu aspek yang dibutuhkan dalam pembelajaran matematika. Berdasarkan tes kemampuan awal penalaran aljabar peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Mertoyudan menunjukkan rata-rata 33,70, yang artinya kemampuan penalaran aljabar peserta didik termasuk dalam kategori rendah. Kurangnya keterlibatan peserta didik selama pembelajaran dan model pembelajaran yang kurang bervariasi, serta strategi pembelajaran untuk menunjang model pembelajaran agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik. Oleh karena itu, dibutuhkan model pembelajaran yang dipadukan dengan strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan keaktifan peserta didik dan pembelajaran lebih menarik, salah satunya yaitu model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) dengan strategi Advisor Group. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis ketuntasan secara klasikal kemampuan penalaran aljabar yang diajarkan menggunakan model pembelajaran TGT dengan strategi Advisor Group dan ketuntasan secara klasikal yang diajarkan menggunakan model pembelajaran langsung. Tujuan lain dari penelitian ini yaitu menganalisis keefektifan model pembelajaran TGT dengan startegi Advisor Group dibandingkan dengan model pembelajaran langsung terhadap kemampuan penalaran aljabar. Metode penelitian yang digunakan yakni kuantitatif dengan desain penelitian quasi experimental berbentuk posttest-only control group design. Populasi dalam penelitian ini yakni seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Mertoyudan dan sampel dipilih menggunakan teknik cluster random sampling, kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII D sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni wawancara, observasi, dan tes kemampuan penalaran aljabar. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji statistik z dan uji independent sample t-tes.
Berdasarkan hasil pengujian, maka dapat disimpulkan bahwa 1) Kemampuan penalaran aljabar peserta didik yang diajarkan menggunkan model pembelajaran TGT dengan strategi Advisor Group mencapai ketuntasan secara klasikal. 2) Kemampuan penalaran aljabar peserta didik yang diajarkan menggunakan model viii pembelajaran langsung belum mencapai ketuntaan secara klasikal. 3) Model pembelajaran TGT dengan strategi Advisor Group lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran langsung terhadap kemampuan penalaran aljabar.
Tidak tersedia versi lain