Text
SKRIPSI PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MODEL PEMBELAJARAN LOGAN AVENUE PROBLEM SOLVING (LAPS)-HEURISTIK TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI DISPOSISI MATEMATIS
uk memahami pola, melakukan manipulasi, menyusun bukti, dan menjelaskan
gagasan
untuk
memecahkan persoalan matematika serta mampu
menyimpulkannya. Kemampuan ini perlu dikuasai oleh siswa sehingga mampu
memecahkan permasalahan non-routine atau yang memerlukan analisis. Penelitian
ini berdasarkan pada hasil tes kemampuan awal yang memperlihatkan bahwa
kemampuan penalaran matematis siswa kelas VIII SMP IT Ihsanul Fikri Mungkid
tergolong rendah. Kemampuan penalaran matematis siswa yang rendah disebabkan
beberapa permasalahan dalam proses belajar mengajar matematika di antaranya
penggunaaan model pembelajaran yang masih berpusat pada guru serta adanya
aspek afektif berupa disposisi matematis siswa.
Berdasarkan fenomena tersebut, maka dirumuskan tujuan penelitian.
Penelitian ini memiliki tujuan untuk (1) menganalisis kemampuan penalaran
matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran LAPS-Heuristik
dibandingkan siswa yang memperoleh model pembelajaran langsung; (2)
menganalisis kemampuan penalaran matematis siswa disposisi matematis tinggi,
sedang, dan rendah; dan (3) menganalisis interaksi antara model pembelajaran serta
disposisi matematis terhadap kemampuan penalaran matematis.
Tidak tersedia versi lain