PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

SKRIPSI PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY, INTELLECTUALLY, REPETITION (AIR) DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP KELAS VII

RIZKY FARICHA - Nama Orang;

Kemampuan berpikir kritis menjadi salah satu kemampuan yang sangat diperlukan dalam dunia pendidikan. Siswa perlu menguasai kemampuan berpikir kritis sebagai kompetensi dasar agar mampu menghadapi tantangan di abad 21. Berdasarkan hasil tes awal kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII SMP Negeri 2 Mertoyudan menunjukkan rata-rata 29,2 yang termasuk dalam kategori kurang. Hal tersebut diakibatkan oleh kurangnya variasi model pembelajaran yang mampu mendorong kemampuan berpikir kritis siswa dan kurangnya keterlibatan siswa selama pembelajaran. Oleh karena itu, diperlukan model pembelajaran yang dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis. Salah satu model yang dapat diterapkan adalah model pembelajaran AIR dengan pendekatan kontekstual. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis ketuntasan secara klasikal kemampuan berpikir kritis siswa menggunakan model pembelajaran AIR dengan pendekatan kontekstual, menganalisis ketuntasan secara klasikal kemampuan berpikir kritis siswa menggunakan model pembelajaran langsung, menganalisis pengaruh penerapan model pembelajaran AIR dengan pendekatan kontekstual dibandingkan dengan penerapan model pembelajaran langsung terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain nonequivalent posttest only control group. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Mertoyudan.
Berdasarkan hasil analisis pengujian, diketahui bahwa kemampuan berpikir kritis kelas eksperimen yang diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran AIR dengan pendekatan kontekstual mencapai ketuntasan klasikal. Selanjutnya, kemampuan berpikir kritis kelas kontrol yang diberi model pembelajaran langsung belum mencapai ketuntasan klasikal. Sementara itu, hasil analisis menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis yang diajar menggunakan model pembelajaran AIR dengan pendekatan kontekstual lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran langsung. Berdasarkan hasil yang diperoleh, disarankan agar penelitian selanjutnya menggunakan model pembelajaran dengan pendekatan yang lebih beragam, sehingga dapat memberikan dampak yang lebih optimal terhadap kemampuan berpikir kritis siswa.


Ketersediaan
#
Ruang Skripsi (PENDIDIKAN MATEMATIKA) MATEMATIKA FAR P 2025
84-UN57.U1-SPM-VIII-2025
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
MATEMATIKA FAR P 2025
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2025
Deskripsi Fisik
xviii;211hlm;ilus
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
510
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_MATEMATIKA
FAKULTAS_FKIP
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • FULL TEXT
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?