Text
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MEANS ENDS ANALYSIS (MEA) BERBANTUAN LKPD TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK
Penelitian ini berfokus pada kemampuan peserta didik dalam memecahkan
masalah. Berdasarkan penelitian awal di kelas VIII SMP Negeri 11 Magelang
didapatkan rata-rata nilai 49,087 dari nilai maksimum 100, yang menunjukkan
bahwa kategori kemampuan pemecahan masalah peserta didik rendah. Dibutuhkan
inovasi pembelajaran berupa model pembelajaran salah satunya MEA yang
didukung dengan LKPD. Model MEA adalah model pembelajaran kolaboratif yang
berorientasi pada masalah kontekstual. Selain itu, LKPD sebagai bahan diskusi
interaktif peserta didik menyelesaikan masalah secara berkelompok.
Tujuan penelitian ini guna menganalisis kemampuan pemecahan masalah
peserta didik yang mendapatkan model pembelajaran MEA berbantuan LKPD
dibandingkan peserta didik yang mendapatkan pembelajaran langsung,
menganalisis kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang memiliki
motivasi belajar tinggi dibandingkan dengan peserta didik dengan motivasi belajar
sedang dan rendah, serta kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang
memiliki motivasi belajar sedang dibandingkan dengan peserta didik yang memiliki
motivasi belajar rendah. Tujuan terakhir yakni menganalisis interaksi antara model
pembelajaran dan motivasi belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah.
Tidak tersedia versi lain