Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUGMENTED REALITY DENGAN PENDEKATAN ETNOMATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS VIII SMP N 4 MAGELANG
Kemampuan pemahaman konsep merupakan salah satu kemampuan yang harus dikuasai siswa dalam mempelajari matematika. Berdasarkan hasil tes kemampuan awal, kemampuan pemahaman konsep siswa tergolong rendah. Hal tersebut dikarenakan kurangnya inovasi pembelajaran dikelas. Untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa salah satunya adalah dengan penggunaan media pembelajaran Augmented Reality (AR). Media pembelajaran AR mampu menyediakan visualisasi yang membantu mengkonkretkan konsep abstrak matematika. Untuk mendukung hasil yang maksimal, media AR diintegrasikan dengan pendekatan etnomatematika. Pendekatan etnomatematika menjadikan pembelajaran lebih bermakna dan relevan dengan konteks budaya siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran AR dengan pendekatan etnomatematika yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian adalah 24 siswa kelas VIII SMP N 4 Magelang. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, angket, serta tes tertulis untuk mengukur kemampuan pemahaman konsep. Penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dibuat memiliki kualitas yang baik, yaitu valid, praktis, dan efektif. Untuk memastikan validitasnya, media tersebut dinilai oleh ahli media dan ahli materi. Hasil penilaian menunjukkan skor 91% dari ahli media dan 87% dari ahli materi, keduanya masuk dalam kategori "Sangat Layak". Kepraktisan media terlihat dari hasil angket respons siswa dengan skor 75%, menunjukkan media berada pada kategori "Praktis". Efektivitas media pembelajaran dapat dilihat dari hasil uji paired t-test yang menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman konsep siswa meningkat secara signifikan setelah menggunakan media tersebut dibandingkan sebelumnya. vi Peningkatan tersebut terlihat dari nilai N-Gain sebesar 0,417, yang berada dalam kategori "Sedang". Dengan demikian, media pembelajaran AR dengan pendekatan etnomatematika dinyatakan valid, praktis, dan efektif.
Tidak tersedia versi lain