Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS AKM (ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI SISWA
Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) dirancang untuk mengukur
kemampuan kognitif siswa, dimana aspek yang diukur adalah kemampuan literasi
numerasi. Kemampuan literasi numerasi siswa di SMP Negeri 1 Bandongan masih
tergolong rendah berdasarkan hasil tes kemampuan awal diperoleh nilai rata-rata
yaitu 56. Selain itu, guru belum memanfaatkan teknologi pada saat proses
pembelajaran.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kevalidan, kepraktisan dan
keefektifan dari e-modul berbasis AKM (Asesmen Kompetensi Minimum) pada
materi statistika untuk meningkatkan kemampuan literasi numerasi siswa. Jenis
penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan atau Research and
Development (R&d). Dengan model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE
yang terdiri dari Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation.
Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIB SMP
Negeri 1 Bandongan. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling.
Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, tes, angket, dokumentasi dan
observasi.
Tidak tersedia versi lain