Text
EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN SOMATIC AUDITORY VISUAL AND INTELLECTUAL BERBANTUAN ELKPD TERHADAP KEMAMPUAN NUMERASI PESERTA DIDIK SMP KELAS VIII
Kemampuan numerasi adalah kemampuan dalam menggunakan angka dan
simbol-simbol matematika untuk menyelesaikan masalah dikehidupan, sehingga
kemampuan ini penting dimiliki oleh peserta didik. Namun, pentingnya
kemampuan ini tidak sesuai dengan kenyataan yang ada. Kemampuan numerasi
peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Mertoyudan tergolong rendah. Hal ini
disebabkan penggunaan model dan media pembelajaran yang kurang bervariasi,
sehingga peserta didik kurang aktif dalam pembelajaran.
Fokus penelitian ini untuk menganalisis efektivitas model pembelajaran
Somatic Auditory Visual and Intellectual (SAVI) berbantuan E-LKPD dan model
pembelajaran langsung terhadap kemampuan numerasi, serta membandingkan
keefektifan dari kedua model tersebut. Sehingga, dalam penelitian ini terdapat tiga
tujuan penelitian yang akan dicapai.
Metode penelitian ini kuantitatif dengan quasi experimental yaitu non
equivalent pretest-posttest control group design. Sampel diperoleh dengan teknik
cluster random sampling. Teknik analisis data menggunakan uji Paired Sample T
test dan Independent Sample T-test.
Tidak tersedia versi lain