Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN ALAT PERAGA MAGIC STROW KIT YANG BERORIENTASI TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA
Matematika merupakan pelajaran yang wajib dikuasai siswa pada tiap jenjang,
namun sebagian besar siswa sering mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal
matematika. Pembelajaran matematika perlu mengembangkan kemampuan
pemahaman konsep agar siswa lebih mudah untuk memahami materi dan
menyelesaikan soal matematika. Kemampuan pemahaman konsep matematis
termasuk salah satu dalam kemampuan yang penting yang harus dikuasai siswa
dalam pembelajaran matematika di sekolah. Namun, kemampuan ini pada siswa
kelas VIII MTs Arrosyidin Secang masih rendah. Salah satu penyebabnya adalah
keterbatasan dan kurangnya variasi media pembelajaran yang mendukung proses
belajar.
Tujuan penelitian ini untuk menganalisis kevalidan, kepraktisan, dan
keefektifan alat peraga magic straw kit untuk meningkatkan kemampuan
pemahaman konsep matematis pada materi bangun ruang sisi datar. Pengembangan
alat peraga diharapkan mampu menjadi jembatan yang mempermudah siswa dalam
melakukan proses abstraksi pada materi tersebut.
Model penelitian yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE.
Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, angket, observasi, tes, dan
dokumentasi. Penelitian ini melibatkan 25 siswa kelas VIIIB MTs Arrosyidin
secang sebagai sampel penelitian. Kevalidan media didapatkan dari hasil penilaian
tiga validator ahli media. Sementara itu, kepraktisan media dievaluasi dari respons
siswa dan guru melalui angket selama penggunaan media dalam pembelajaran.
Terakhir, keefektifan media yang dikembangkan dilihat dari hasil uji N-Gain, yang
dihitung berdasarkan nilai pretest dan posttest.
Tidak tersedia versi lain