PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

SKRIPSI PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING DENGAN PENDEKATAN SCAFFOLDING BERBANTUAN EDUKATI TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP

RISKY DWI SETYOWATI - Nama Orang;

Kemampuan pemecahan masalah matematis merupakan proses dalam menyelesaikan permasalahan yang ditemui dengan menggunakan strategi yang tepat. Dengan mengasah kemampuan pemecahan masalah ini, dapat mendorong siswa untuk berpikir logis dan analitis dalam menemukan solusi yang inovatif dari permasalahan yang ada. Temuan pada tes kemampuan awal pemecahan masalah matematis siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Mertoyudan memiliki nilai rata-rata 77,9 yang berarti kemampuan tersebut masih tergolong kategori sedang. Tujuan penelitian ini ialah untuk menganalisis ketuntasan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran creative problem solving dengan pendekatan scaffolding berbantuan Edukati secara klasikal. Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran creative problem solving dengan pendekatan scaffolding berbantuan Edukati dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan model pembelajaran langsung. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Desain penelitian ini yaitu quasi experiment dengan bentuk nonequivalent posttest only control group design. Populasi penelitian ini yaitu siswa kelas VII SMP Negeri 2 Mertoyudan tahun ajaran 2024/2025. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dengan cluster random sampling, dimana kelas VII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VII C sebagai kelas kontrol.
Berdasarkan hasil uji hipotesis, pada uji hipotesis pertama dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran creative problem solving dengan pendekatan scaffolding berbantuan Edukati mencapai ketuntasan secara klasikal. Hasil uji hipotesis kedua dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran creative problem solving dengan pendekatan scaffolding berbantuan Edukati lebih baik dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan model pembelajaran langsung. Saran yang diajukan oleh peneliti yaitu memanfaatkan fitur pada menu quiz dan assignment di platform Edukati guna memastikan seluruh hasil belajar terdokumentasi secara lengkap serta mengarahkan siswa untuk memindai dan mengunggah jawaban sebelum diberikan kepada guru.


Ketersediaan
#
Ruang Skripsi (PENDIDIKAN MATEMATIKA) MATEMATIKA SET P 2025
76-UN57.U1-SPM-VIII-2025
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
MATEMATIKA SET P 2025
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2025
Deskripsi Fisik
XVII;270HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
510
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_MATEMATIKA
FAKULTAS_FKIP
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • FULL TEXT
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?