Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATHLAND ADVENTURE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN MOTIVASI BELAJAR
Era society 5.0 mendorong guru untuk membantu pendidikan dengan
meningkatkan standar pembelajaran. Pemanfaatan media pembelajaran lebih
efektif dan efisien menggunakan multimedia khususnya untuk meningkatkan
kemampuan pemahaman konsep dan motivasi belajar. Pembelajaran matematika di
MTs Arrasyiddin Secang menunjukkan bahwa motivasi belajar dan kemampuan
pemahaman konsep siswa masih tergolong rendah. Hal ini disebabkan oleh metode
yang monoton, penggunaan media yang kurang menarik, serta keterlibatan siswa
yang rendah dalam proses belajar sehingga perlu adanya inovasi dari media
pembelajaran yang mendukung siswa dalam belajar berupa aplikasi android.
Tujuan dari penelitian ini yaitu menganalisis kevalidan, kepraktisan,
keefektifan dari media pembelajaran game edukasi interaktif berbasis software
Unity untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep dan motivasi belajar
siswa. Jenis penelitian yaitu penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah
ADDIE menurut Branch.
Siswa kelas VII A di MTs Arrasyidin Secang dijadikan sebagai subjek
dalam penelitian. Tes, angket, observasi, dan wawancara merupakan metode
pengumpulan data yang digunakan. Sedangkan instrumen yang digunakan berupa
angket analisis kebutuhan, lembar wawancara, lembar observasi keterlaksanaan
pembelajaran, angket kevalidan dan kepraktisan serta soal tes kemampuan
pemahaman konsep.
Tidak tersedia versi lain