Text
SKRIPSI EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY, INTELLECTUALLY, REPETITION (AIR) BERBANTUAN MEDIA ULAR TANGGA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMP DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA
Kemampuan pemecahan masalah matematika merupakan keterampilan
esensial bagi siswa, namun hasil tes awal di kelas VIII SMP Muhammadiyah 1
Alternatif Kota Magelang menunjukkan kemampuan tersebut masih rendah dan
partisipasi siswa dalam pembelajaran kurang aktif. Untuk mengatasi hal ini
digunakan model pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) yang
mengakomodasi berbagai gaya belajar melalui penyampaian materi secara lisan,
melibatkan kemampuan berpikir siswa, dan penguatan pemahaman melalui
pengulangan, serta dipadukan dengan media ular tangga yang interaktif dan
menyenangkan sehingga diharapkan mampu menciptakan pembelajaran yang
bermakna, menarik, dan efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan
masalah matematika siswa.
Menanggapi permasalahan tersebut, dilaksanakan penelitian dengan tujuan: (1)
menganalisis perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika antara siswa
yang belajar menggunakan model Auditory, Intellectually, Repetition (AIR)
berbantuan media ular tangga dan siswa yang mendapatkan pembelajaran langsung;
(2) menganalisis pengaruh siswa dengan tingkat motivasi belajar tinggi terhadap
kemampuan pemecahan masalah dibanding mereka yang motivasinya sedang
maupun rendah; serta (3) mengidentifikasi apakah terdapat interaksi antara
penggunaan model pembelajaran AIR berbantuan media ular tangga serta motivasi
belajar pada kemampuan pemecahan masalah matematika siswa
Tidak tersedia versi lain