Text
SKRIPSI PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROTATING TRIO EXCHANGE (RTE) BERBANTUAN E-MEDIA NEARPOD TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA
Kemampuan pemahaman konsep matematis diartikan sebagai kemampuan dasar dalam memahami struktur dan hubungan dalam materi matematika. Namun, kemampuan tersebut pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Grabag masih tergolong rendah. Tes awal untuk mengetahui kemampuan awal siswa diperoleh rata-rata sebesar 50,73 dari nilai maksimum 100. Hasil observasi menunjukkan bahwa model pembelajaran yang diterapkan oleh guru masih belum bervariasi sehingga siswa kurang dilibatkan dalam proses pembelajaran. Dengan demikian, diperlukan suatu model pembelajaran guna mengoptimalkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa, yaitu model pembelajaran RTE berbantuan nearpod. Tujuan penelitian ini adalah pertama, untuk menganalisis kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa yang menggunakan model pembelajaran RTE berbantuan nearpod dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran langsung. Kedua, untuk menganalisis kemampuan pemahaman konsep matematis berdasarkan motivasi belajar. Ketiga, untuk menganalisis ada atau tidaknya interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis. Metode kuantitatif dengan desain digunakan pada penelitian ini adalah factorial design 2 × 3. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran dan motivasi belajar, sedangkan variabel terikatnya adalah kemampuan pemahaman konsep matematis. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Grabag yang terdiri dari XI F-1 sampai XI F-9. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling diperoleh kelas XI F-3 sebagai kelas eksperimen dan XI F-4 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, angket, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi uji normalitas, uji homogenitas, uji anava dua jalan dengan sel tak sama yang dilanjutkan dengan uji Scheffe
Tidak tersedia versi lain