Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN E - LKPD TERINTEGRASI STEM-PJBL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VII
Matematika berperan penting dalam mengembangkan pemikiran kritis,
logis, kreatif, dan sistematis. Siswa abad ke-21 perlu memiliki berbagai
keterampilan matematis seperti penalaran, komunikasi, pemecahan masalah,
berpikir kritis, dan kreatif. Berpikir kritis merupakan keterampilan penting yang
membantu siswa menghadapi masalah kehidupan nyata dan mencapai tujuan
pembelajaran dengan melibatkan analisis masalah, pengambilan keputusan kreatif,
dan penarikan kesimpulan. Meskipun demikian, kemampuan berpikir kritis siswa
kelas VII di SMP Negeri 3 Mertoyudan masih relatif rendah. Akibatnya,
diperlukannya inovasi baru dalam pendidikan.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kevalidan, kepraktisan,
dan keefektifan dari E-LKPD terintegrasi STEM-PjBL untuk meningkatkan
kemampuan berpikir kritis. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan
dengan model pengembangan ADDIE, meliputi Analyze, Design, Development,
Implementation, dan Evaluation. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VII F
SMP Negeri 3 Mertoyudan dengan sampel terdiri dari 32 siswa. Tes, angket,
observasi, wawancara, dan dokumentasi digunakan dalam penelitian ini untuk
mengumpulkan data. Angket untuk ahli media dan materi digunakan sebagai alat
memvalidasi keakuratan media. Kepraktisan ditunjukkan dengan penyelesaian
angket respon guru dan siswa. Hasil uji paired sample t-test dan N-Gain digunakan
untuk menentukan efektivitas berdasarkan hasil pretest dan posttest.
Tidak tersedia versi lain