PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

SKRIPSI PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DITINJAU DARI GROWTH MINDSET SISWA

VANESSA ZEPHANIAH PUTRI AGUSTIN - Nama Orang;

Kemampuan pemecahan permasalahan menjadi salah satu tujuan utama dalam pembelajaran matematika dikarenakan siswa dilatih untuk menganalisis informasi, merencanakan strategi, dan menemukan solusi. Salah satu kemampuan dasar yang haruslah dipunyai siswa dalam mempelajari matematika ialah kemampuan memecahkan permasalahan. Namun, fakta mengenai kemampuan tersebut di SMP Negeri 3 Magelang berada pada kategori rendah, berdasarkan nilai rerata tes kemampuan awal yaitu sebesar 34,70. Selain itu, siswa sering kali tidak memilikistrategi yang efektif untuk memecahkan permasalahan dalam matematika. Keberhasilan siswa dalam memecahkan masalah matematika melalui tahapan tersebut dapat terpecahkan dengan baik jika siswa memiliki pengembangan pola pikir yang baik. Maka dari itu perlu diteliti lebih lanjut terkait growth mindset siswa. Tujuan dari penelitian untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah siswa yang menerapkan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) dibandingkan siswa yang menerapkan model pembelajaran langsung. Selain itu, tujuan selanjutnya untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah siswa berdasarkan tingkat growth mindset. Lebih lanjut, tujuan terakhir yaitu untuk menganalisis ada tidaknya interaksi antara model pembelajaran dan growth mindset terhadap kemampuan pemecahan masalah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis quasi experiment bentuk nonequivalent posttest-only control group design. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII A dan VIII B yang diambil secara cluster random sampling. Pengambilan data menggunakan instrumen tes berupa tes kemampuan pemecahan masalah, serta non-tes berupa angket growth mindset, lembar observasi, pedoman wawancara, dan angket validasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji analisis varians dua jalan dengan sel tak sama yang dilanjutkan dengan uji Scheffe jika hasil uji analisis varians dua jalan memiliki perbedaan.
Berdasarkan analisis uji lanjut, diperoleh kesimpulan bahwa: (1) kemampuan pemecahan masalah siswa menggunakan model pembelajaran CPS lebih baik daripada menggunakan model pembelajaran langsung; (2) kemampuan pemecahan masalah siswa dengan growth mindset tinggi lebih baik daripada growth mindset sedang dan rendah, serta growth mindset sedang sama baiknya dengan growth mindset rendah; dan (3) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan growth mindset terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. Hasil penelitian ini berdampak positif terhadap peningkatan kualitas pembelajaran, khususnya dalam pengembangan kemampuan pemecahan masalah siswa. Penerapan model Creative Problem Solving (CPS) terbukti lebih efektif dibandingkan model pembelajaran langsung, sehingga guru disarankan untuk mengintegrasikan model ini dalam proses pembelajaran dengan manajemen waktu yang baik. Selain itu, temuan bahwa siswa dengan growth mindset tinggi memiliki kemampuan pemecahan masalah yang lebih baik menunjukkan pentingnya penguatan pola pikir berkembang dalam kegiatan belajar. Meskipun tidak ditemukan interaksi antara model pembelajaran dan growth mindset, keduanya secara mandiri berkontribusi terhadap hasil belajar, sehingga model pembelajaran dan pembinaan karakter perlu dijalankan secara seimbang dan saling melengkapi.


Ketersediaan
#
Ruang Skripsi (PENDIDIKAN MATEMATIKA) MATEMATIKA AGU P 2025
79-UN57.U1-SPM-VIII-2025
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
MATEMATIKA AGU P 2025
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2025
Deskripsi Fisik
XX;270HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
510
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_MATEMATIKA
FAKULTAS_FKIP
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • FULL TEXT
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?