Text
SKRIPSI PENGARUH PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI BERBANTUAN GOOGLE SITES TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIK SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
Kemampuan pemahaman konsep matematis merupakan keterampilan penting bagi
peserta didik sebagai dasar untuk mengembangkan kemampuan matematika ke
tingkat lanjut, karena pemahaman yang mendalam memberikan landasan kuat
untuk berpikir logis dan menyelesaikan masalah secara tepat dan akurat.Tetapi
faktanya, kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik masih tergolong
rendah. Oleh karena itu, diperlukan pendekatan pembelajaran yang tepat guna
membantu meningkatkan kemampuan tersebut.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pembelajaran
berdiferensiasi berbantuan Google Sites terhadap kemampuan pemahaman konsep
matematis peserta didik. Untuk menganalisis pengaruh pembelajaran langsung
terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik. Selain itu, untuk
menganalisis pengaruh pembelajaram berdiferensiasi berbantuan Google Sites
terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik dibandingkan
dengan pembelajaran langsung.
Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuantitatif dengan menerapkan
metode quasi experimental research atau penelitian eksperimen semu dengan
bentuk pretest-posttest control group design. Populasi yang digunakan pada
penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Muntilan tahun
akademik 2024/2025. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan
metode yaitu purposive sampling. Kemudian dipilih dua kelas sebagai sampelnya
yaitu VIII B sebagai kelas kontrol dengan peserta didik sebanyak 30 serta VIII C
sebagai kelas eksperimen dengan peserta didik sebanyak 30. Uji hipotesis
menggunakan uji paired sample t-test dan uji independent sample t-test.
Tidak tersedia versi lain