PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

SKRIPSI PENGARUH MODEL REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA DITINJAU DARI MATH ANXIETY SISWA

FITRIA USWATUN KHASANAH - Nama Orang;

Salah satu hal yang dibutuhkan dalam mengembangkan kemampuan abad 21 adalah literasi matematika yang berperan penting sebagai salah satu keterampilan dalam kehidupan sehari-hari. Namun, hasil tes kemampuan literasi matematika siswa kelas VII SMP Negeri 12 Magelang masih berada pada kategori rendah berdasarkan nilai rata-rata tes kemampuan awal yaitu sebesar 20,90. Penyebabnya karena siswa belum terbiasa dengan soal literasi matematika dan masih sering menerapkan model yang berpusat pada guru. Penelitian ini memiliki beberapa tujuan. Adapun tujuan penelitian untuk (1) untuk menganalisis kemampuan literasi matematika siswa yang mendapatkan model RME dibandingkan siswa yang mendapatkan model pembelajaran langsung; (2) untuk menganalisis kemampuan literasi matematika siswa dengan math anxiety rendah dibandingkan siswa dengan math anxiety sedang dan tinggi, dan kemampuan literasi matematika siswa dengan math anxiety sedang dibandingkan siswa dengan math anxiety tinggi; serta (3) untuk menganalisis interaksi antara model pembelajaran dan math anxiety terhadap kemampuan literasi matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi experimental bentuk the nonequivalent posttest-only control group design. Sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas VII A dan VII B yang diambil secara cluster random sampling. Pengambilan data menggunakan instrumen tes berupa tes kemampuan literasi matematika serta nontes berupa angket math anxiety, lembar observasi, pedoman wawancara, dan angket validasi. Teknik analisis data dilakukan melalui analisis tahap awal dengan uji independent t-Test untuk mengetahui keseimbangan kemampuan awal siswa, serta tahap akhir dengan uji anava dua jalan dan uji lanjut pasca anava yaitu uji scheffe. Proses analisis data dilakukan setelah terpenuhinya uji prasyarat yaitu analisis normalitas (uji Liliefors) dan homogenitas (uji Bartlett).
Berdasarkan hasil pengujian, dapat ditarik kesimpulan di antaranya: (1) model pembelajaran berpengaruh terhadap kemampuan literasi matematika siswa; (2) math anxiety berpengaruh terhadap kemampuan literasi matematika siswa; dan (3) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan math anxiety terhadap kemampuan literasi matematika. Kemudian, berdasarkan analisa uji lanjut, diperoleh kesimpulan bahwa: (1) kemampuan literasi matematika siswa yang mendapatkan model RME lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran langsung; (2) kemampuan literasi matematika siswa dengan math anxiety rendah lebih baik dibandingkan siswa dengan math anxiety sedang dan tinggi, sedangkan siswa dengan math anxiety sedang sama baiknya dibandingkan siswa yang memiliki math anxiety tinggi. Saran yang disampaikan adalah untuk penelitian selanjutnya diharapkan dapat mengelola waktu pembelajaran secara cermat agar proses pembelajaran berjalan lebih efektif dan efisien.


Ketersediaan
#
Ruang Skripsi (PENDIDIKAN MATEMATIKA) MATEMATIKA KHA P 2025
80-UN57.U1-SPM-VIII-2025
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
MATEMATIKA KHA P 2025
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2025
Deskripsi Fisik
XX;286HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
510
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_MATEMATIKA
FAKULTAS_FKIP
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • FULL TEXT
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?