PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

SKRIPSI EFEKTIVITAS MODEL ELICITING ACTIVITIES BERBANTUAN MATH CITY MAP TERHADAP KEMAMPUAN NUMERASI SISWA SMP PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR

DIAH ASTUTIK NINGTIAS - Nama Orang;

Kemampuan numerasi merupakan aspek penting dalam literasi matematika yang sangat dibutuhkan siswa di era abad ke-21. Kemampuan ini menjadi fokus dalam implementasi Kurikulum Merdeka dan Asesmen Nasional. Namun, kemampuan numerasi siswa SMP Negeri 12 Magelang tergolong rendah, dengan rata-rata nilai tes kemampuan awal sebesar 33,48. Rendahnya pencapaian ini disebabkan oleh pembelajaran yang masih berpusat pada guru serta penggunaan media ajar yang konvensional dan kurang kontekstual. Oleh karena itu, diperlukan model pembelajaran yang berbasis masalah dan melibatkan teknologi, seperti Model Eliciting Activities yang dipadukan dengan aplikasi Math City Map. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan keefektifan pengggunaan Model Eliciting Activities berbantuan Math City Map dengan model pembelajaran langsung terhadap kemampuan numerasi siswa. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk menganalisis peningkatan kemampuan numerasi siswa setelah penerapan Model Eliciting Activities berbantuan Math City Map. Penelitian ini menggunakan quasi experimental dengan non-equivalent pretest posttest control group design. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah Model Eliciting Activities berbantuan Math City Map dan pembelajaran langsung, sedangkan variabel terikatnya adalah kemampuan numerasi. Sampel dipilih melalui teknik cluster random sampling, dengan kelas VIII-A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-E sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian meliputi lembar observasi, pedoman wawancara, lembar validasi, dan tes berupa pretest dan posttest. Teknik analisis data yang digunakan mencakup uji Independent Sample t-Test dan uji Paired Sample t-Test serta dilanjutkan analisis N-Gain.


Ketersediaan
#
Ruang Skripsi (PENDIDIKAN MATEMATIKA) MATEMATIKA NIN E 2025
99-UN57.U1-SPM-VIII-2025
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
MATEMATIKA NIN E 2025
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2025
Deskripsi Fisik
XVIII;215HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
510
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_MATEMATIKA
FAKULTAS_FKIP
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • FULL TEXT
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?