Text
SKRIPSI EFEKTIVITAS MODEL ELICITING ACTIVITIES BERBANTUAN MATH CITY MAP TERHADAP KEMAMPUAN NUMERASI SISWA SMP PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR
Kemampuan numerasi merupakan aspek penting dalam literasi matematika yang sangat dibutuhkan siswa di era abad ke-21. Kemampuan ini menjadi fokus dalam implementasi Kurikulum Merdeka dan Asesmen Nasional. Namun, kemampuan numerasi siswa SMP Negeri 12 Magelang tergolong rendah, dengan rata-rata nilai tes kemampuan awal sebesar 33,48. Rendahnya pencapaian ini disebabkan oleh pembelajaran yang masih berpusat pada guru serta penggunaan media ajar yang konvensional dan kurang kontekstual. Oleh karena itu, diperlukan model pembelajaran yang berbasis masalah dan melibatkan teknologi, seperti Model Eliciting Activities yang dipadukan dengan aplikasi Math City Map. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan keefektifan pengggunaan Model Eliciting Activities berbantuan Math City Map dengan model pembelajaran langsung terhadap kemampuan numerasi siswa. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk menganalisis peningkatan kemampuan numerasi siswa setelah penerapan Model Eliciting Activities berbantuan Math City Map. Penelitian ini menggunakan quasi experimental dengan non-equivalent pretest posttest control group design. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah Model Eliciting Activities berbantuan Math City Map dan pembelajaran langsung, sedangkan variabel terikatnya adalah kemampuan numerasi. Sampel dipilih melalui teknik cluster random sampling, dengan kelas VIII-A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-E sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian meliputi lembar observasi, pedoman wawancara, lembar validasi, dan tes berupa pretest dan posttest. Teknik analisis data yang digunakan mencakup uji Independent Sample t-Test dan uji Paired Sample t-Test serta dilanjutkan analisis N-Gain.
Tidak tersedia versi lain