Text
SKRIPSI EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN RME BERBANTUAN TIMBANGAN ALJABAR (TIMBAR) TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN ALJABAR SISWA
Kemampuan penalaran aljabar menjadi salah satu kemampuan matematis yang penting bagi siswa dalam matematika. Kemampuan penalaran aljabar penting untuk membantu seseorang memahami konsep aljabar sehingga dapat membantu menemukan hubungan dan menggunakan pengetahuan tersebut dalam suatu konsep yang lebih kompleks. Penalaran aljabar yang bagus diperlukan agar dapat membantu siswa dalam memecahkan permasalahan dengan cara berpikir abstrak, idealis, maupun logis. Namun, kemampuan penalaran aljabar yang dimiliki siswa di kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Kebumen masih tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis ketuntasan klasikal kemampuan penalaran aljabar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran RME berbantuan timbangan aljabar (TIMBAR) dan ketuntasan klasikal siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran langsung. Penelitian ini juga bertujuan untuk menganalisis keefektifan model pembelajaran RME berbantuan TIMBAR dibandingkan dengan model pembelajaran langsung terhadap kemampuan penalaran aljabar siswa. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif jenis quasi eksperimen dengan posttest only control group design. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Kebumen tahun ajaran 2024/2025 dan sampel dipilih menggunakan teknik cluster random sampling yang diperoleh kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan tes kemampuan penalaran aljabar. Uji hipotesis dilkukan dengan menggunakan uji statistik z dan uji independent sample t test.
Berdasarkan hasil penelitian kemampuan penalaran aljabar siswa dengan model pembelajaran RME berbantuan TIMBAR dan model pembelajaran langsung mencapai ketuntasan secara klasikal. Selain itu, disimpulkan bahwa model pembelajaran RME berbantuan TIMBAR lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran langusng terhadap kemampuan penalaran aljabar siswa.
Tidak tersedia versi lain