Text
SKRIPSI PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GAME BASED LEARNING (GBL) BERBANTUAN WEBSITE GIMKIT TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA
g diminati oleh siswa, yang kemudian berdampak pada rendahnya motivasi
dan hasil belajar. Observasi di MTs Ma'arif Tembarak menunjukkan bahwa proses
pembelajaran matematika didominasi oleh pendekatan berpusat pada guru (teacher
centered). Ini membatasi partisipasi aktif siswa, sehingga mengurangi antusiasme
dan pemahaman mereka terhadap materi. Kemampuan siswa dalam pemecahan
masalah matematika masih tergolong rendah. Hal ini terlihat dari skor rata-rata tes
awal yang hanya mencapai 42,29. Sebagian besar siswa cenderung hanya mampu
menyelesaikan soal secara prosedural tanpa memahami konsep dasarnya atau
menerapkan langkah-langkah penyelesaian masalah secara sistematis.
Tujuan penelitian ini yaitu untuk (1) menganalisis ketuntasan klasikal
kemampuan pemecahan masalah siswa yang diinstruksikan menggunakan model
pembelajaran langsung, (2) menganalisis ketuntasan klasikal kemampuan
pemecahan masalah siswa yang diinstruksikan menggunakan model pembelajaran
Game Based Learning (GBL) berbantuan Website Gimkit dengan model
pembelajaran langsung, (3) menganalisis model pembelajaran yang lebih baik di
antara model pembelajaran Game Based Learning (GBL) berbantuan Website
Gimkit dengan model pembelajaran langsung berdasarkan kemampuan pemecahan
masalah siswa.
Tidak tersedia versi lain