Text
SKRIPSI EFEKTIVITAS PENERAPAN GAMIFIKASI DENGAN JEOPARDY TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA
Kemampuan pemahaman konsep matematis merupakan kemampuan dasar siswa guna menguasai materi dan mengimplementasikan ide-ide matematika ke dalam berbagai konteks. Berdasarkan hasil tes kemampuan awal pemahaman konsep matematis siswa di SMP N 9 Magelang, rata-rata yang diperoleh sebesar 43,214 tergolong kategori rendah. Salah satu penyebab situasi tersebut yakni model pembelajaran cenderung bersifat satu arah dan kurang melibatkan siswa. Penelitian ini bertujuan guna menganalisis peningkatan rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematis. Tujuan lain dari penelitian ini yakni menganalisis efektivitas pembelajaran langsung yang menerapkan pendekatan gamifikasi dengan Jeopardy dibandingkan dengan pembelajaran langsung tanpa penerapan gamifikasi dengan Jeopardy terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis. Jenis penelitian yang diterapkan adalah quasi experimental design yakni pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP N 9 Magelang yang terdiri atas 7 kelas dengan total 194 siswa. Sampel diperoleh kelas VII A selaku kelas eksperimen dan VII C selaku kelas kontrol yang diambil melalui teknik cluster random sampling. Instrumen penelitian yang diterapkan yaitu lembar observasi, lembar wawancara, tes, serta lembar validasi. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, tes, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis 1 dan 2 adalah uji wilcoxon signed-rank test serta uji mann whitney yamg diterapkan guna menguji hipotesis 3
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan dari rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematis siswa menggunakan model pembelajaran langsung yang menerapkan gamifikasi dengan Jeopardy. Terdapat peningkatan yang signifikan dari rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematis siswa menggunakan model pembelajaran langsung tanpa menerapkan gamifikasi dengan Jeopardy. Pembelajaran langsung yang menerapkan gamifikasi dengan Jeopardy lebih efektif daripada pembelajaran langsung tanpa gamifikasi dengan Jeopardy terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Penelitian selanjutnya disarankan untuk menambahkan regulasi atau peraturan khusus berkaitan dengan penerapan gamifikasi dengan Jeopardy guna mengoptimalkan pembelajaran serta situasi yang lebih terkondisikan.
Tidak tersedia versi lain