Text
SKRIPSI PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CORE BERBANTUAN LKPD BERBASIS ETNOMATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS XI
Kemampuan representasi matematis sangat penting sebagai dasar
keterampilan matematika lainnya dan merupakan salah satu kemampuan yang
diukur dalam PISA. Berdasarkan hasil tes kemampuan awal, kemampuan
representasi matematis peserta didik kelas XI SMA N 2 Grabag tergolong rendah
yang faktor penyebabnya antara lain model pembelajaran yang belum optimal,
LKPD yang belum memiliki karakteristik tertentu, dan kurangnya integrasi
budaya dalam pembelajaran. Sehingga diperlukan model pembelajaran yang dapat
mengembangkan kemampuan representasi matematis peserta didik. Salah satu
model pembelajaran yang dapat diterapkan adalah model pembelajaran CORE
(Connecting, Organizing, Reflecting, Extending) berbantuan LKPD berbasis
etnomatematika.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis ketuntasan klasikal
kemampuan representasi matematis peserta didik kelas XI yang diajar dengan
model pembelajaran CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending)
berbantuan LKPD berbasis etnomatematika. Selain itu, tujuan penelitian ini juga
untuk menganalisis kemampuan representasi matematis peserta didik kelas XI
yang diajar dengan model pembelajaran CORE berbantuan LKPD berbasis
etnomatematika dibandingkan dengan kemampuan representasi matematis peserta
didik yang diajar menggunakan model pembelajaran langsung.
Tidak tersedia versi lain