Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN MEDIA TRIANGLE SMART BOX BERBASIS KONSTRUKTIVISME UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA
Pemahaman konsep matematis merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki siswa, namun dalam pelaksanaan pembelajaran di lapangan masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam menguasi konsep matematika. Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VII SMP Negeri 11 Magelang tergolong rendah disebabkan oleh kurangnya pemahaman materi dasar matematika dan siswa hanya menghafal rumus tanpa memahami konsep. Guru belum menggunakan media pembelajaran dan hanya menggunakan buku cetak ataupun lembar kerja siswa saat pembelajaran. Oleh karena itu, dibutuhkan media pembelajaran dengan pendekatan konstruktivisme yang mundukung kertelibatan aktif siswa. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan media pembelajaran triangle smart box berbasis konstruktivisme untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Metode penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang disusun oleh Branch. Populasi yang menjadi subjek penelitian ini adalah kelas VII SMP Negeri 11 Magelang. Sampel yang diambil adalah kelas VII B SMP Negeri 11 Magelang. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, penggunaan angket, tes, dan dokumentasi. Kevalidan media didapatkan dari hasil penilaian tiga validator ahli media dan materi dan kepraktisan media didaparkan melalui angket kepraktisan guru dan siswa. Sementara itu, keefektifan media didapatkan dari hasil uji wilcoxon match pairs test dan uji N-Gain berdasarkan nilai pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran triangle smart box berbasis konstruktivisme yang dikembangkan memiliki kevalidan yaitu sangat valid dengan perolehan validitas materi 83,89% dan validitas media 83,33%. Hasil kepraktisan memperoleh persentase sebesar 83,89% dan 89,05% dengan kategori sangat praktis. Selain itu, hasil keefektifan memeproleh peningkatan sebesar 0,53 dengan kategori sedang. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran triangle smart box berbasis konstruktivisme untuk meningkatkan kemampuan pemahaman ix konsep matematis dinyatakan valid, praktis, dan efektif. Hasil penelitian ini disarankan dapat menunjang pembelajaran matematika pada materi segitiga kelas VII, pengembangan lebih lanjut harus dilakukan media pembelajaran triangle smart box berbasis konstruktivisme dengan materi berbasis lainnya agar meningkatkan motivasi siswa untuk belajar dan meningkatkan kemampuan siswa.
Tidak tersedia versi lain