Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN “BEBATIK†BOOKLET ETNOMATEMATIKA BATIK nANOM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMP KELAS VIII
Kemampuan pemecahan masalah memegang peran yang penting dalam
proses pembelajaran. Ini adalah salah satu keterampilan yang harus dikuasai siswa
untuk menyelesaikan berbagai masalah yang mereka hadapi dalam pembelajaran
matematika. Namun, kenyataan menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan
masalah siswa masih relatif rendah. Oleh karena itu, upaya serius diperlukan untuk
meningkatkan kemampuan ini melalui konteks yang lebih nyata dan relevan.
Berdasarkan hasil tes awal di SMP Negeri 7 Magelang, rata-rata kemampuan
pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII A hanya mencapai 43 dari nilai
maksimal 100. Selain itu, analisis kebutuhan dan wawancara dengan siswa serta
guru mengungkapkan bahwa bahan ajar yang digunakan masih kurang memadai,
sehingga siswa memerlukan tambahan bahan ajar untuk meningkatkan kemampuan
pemecahan masalah matematis mereka.
Sebagai respon terhadap permasalahan ini, penelitian ini bertujuan untuk
mengembangkan bahan ajar bahan ajar yang inovatif dan menarik, berupa Booklet
Etnomatematika Batik nAnom (BEBATIK). Booklet ini dirancang untuk memenuhi
kriteria valid, praktis, dan efektif, sehingga diharapkan dapat secara signifikan
meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIII SMP. Dalam
pengembangan booklet ini, materi yang disajikan adalah Teorema Pythagoras
Tidak tersedia versi lain