PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

SKRIPSI PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS PISA KONTEN SPACE AND SHAPE UNTUK SISWA SMP/MTs

SANIATUN NAFISAH - Nama Orang;

Penelitian ini bertujuan mengembangkan modul matematika berbasis Programme for International Student Assessment (PISA) pada konten space and shape (geometri) untuk siswa SMP/MTs. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya kemampuan literasi matematika siswa Indonesia dalam studi PISA. Selain itu, berdasarkan hasil observasi dan wawancara guru di MTS Negeri 2 Magelang, diketahui bahwa meskipun sekolah telah menerapkan pembelajaran kooperatif, kemampuan literasi matematika siswa masih tergolong rendah. Hal ini terlihat dari hasil tes awal, di mana sebagian besar siswa kesulitan dalam menyelesaikan soalsoal yang menuntut penalaran, penerapan konsep, dan interpretasi konteks seharihari. Modul dikembangkan menggunakan model 4D (Define, Design, Develop, Disseminate) untuk menciptakan bahan pembelajaran sesuai dengan karakteristik soal PISA dan kebutuhan siswa di lapangan, namun pada penelitian ini pengembangan dibatasi sampai tahap develop, yaitu sampai proses validasi ahli. Tahap define dilakukan dengan menganalisis kurikulum, karakteristik siswa, dan kebutuhan bahan ajar. Tahap design mencakup penyusunan modul berdasarkan capaian pembelajaran, dilengkapi materi, contoh soal, latihan, dan rangkuman. Tahap develop melibatkan proses validasi oleh para ahli, yang mencakup validasi dari ahli materi maupun ahli media, serta revisi berdasarkan masukan yang diberikan. Penelitian ini tidak mencakup tahap uji coba lapangan maupun diseminasi, sehingga efektivitas modul dalam meningkatkan kemampuan literasi matematika belum diuji. Berdasarkan hasil validasi, modul dinyatakan sangat valid dan layak digunakan sebagai bahan ajar alternatif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematika di tingkat SMP/MTs.


Ketersediaan
#
Ruang Skripsi (PENDIDIKAN MATEMATIKA) MATEMATIKA NAF P 2025
100-UN57.U1-SPM-VIII-2025
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
MATEMATIKA NAF P 2025
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2025
Deskripsi Fisik
VI;151HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
510
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_MATEMATIKA
FAKULTAS_FKIP
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • FULL TEXT
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?