Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS PISA KONTEN SPACE AND SHAPE UNTUK SISWA SMP/MTs
Penelitian ini bertujuan mengembangkan modul matematika berbasis Programme for International Student Assessment (PISA) pada konten space and shape (geometri) untuk siswa SMP/MTs. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya kemampuan literasi matematika siswa Indonesia dalam studi PISA. Selain itu, berdasarkan hasil observasi dan wawancara guru di MTS Negeri 2 Magelang, diketahui bahwa meskipun sekolah telah menerapkan pembelajaran kooperatif, kemampuan literasi matematika siswa masih tergolong rendah. Hal ini terlihat dari hasil tes awal, di mana sebagian besar siswa kesulitan dalam menyelesaikan soalsoal yang menuntut penalaran, penerapan konsep, dan interpretasi konteks seharihari. Modul dikembangkan menggunakan model 4D (Define, Design, Develop, Disseminate) untuk menciptakan bahan pembelajaran sesuai dengan karakteristik soal PISA dan kebutuhan siswa di lapangan, namun pada penelitian ini pengembangan dibatasi sampai tahap develop, yaitu sampai proses validasi ahli. Tahap define dilakukan dengan menganalisis kurikulum, karakteristik siswa, dan kebutuhan bahan ajar. Tahap design mencakup penyusunan modul berdasarkan capaian pembelajaran, dilengkapi materi, contoh soal, latihan, dan rangkuman. Tahap develop melibatkan proses validasi oleh para ahli, yang mencakup validasi dari ahli materi maupun ahli media, serta revisi berdasarkan masukan yang diberikan. Penelitian ini tidak mencakup tahap uji coba lapangan maupun diseminasi, sehingga efektivitas modul dalam meningkatkan kemampuan literasi matematika belum diuji. Berdasarkan hasil validasi, modul dinyatakan sangat valid dan layak digunakan sebagai bahan ajar alternatif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematika di tingkat SMP/MTs.
Tidak tersedia versi lain