Text
SKRIPSI EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN MOOD, UNDERSTAND, RECALL, DIGEST, EXPAND, REVIEW (MURDER) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DITINJAU DARI DISPOSISI MATEMATIS SISWA
Kemampuan pemecahan masalah penting dimiliki siswa karena menjadi
salah satu tujuan pelaksanaan pembelajaran matematika di sekolah guna melatih
cara berpikir, menalar, dan mengomunikasikan ide-ide. Namun, pada kenyataanya
kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIII di SMP Negeri 5 Magelang masih
tergolong rendah dengan hasil temuan tes kemampuan awal yang menunjukkan
bahwa diperoleh rata-ratanya adalah 21,65. Model pembelajaran yang belum
bervariasi dan kurangnya antusias dan keiingintahuan siswa terhadap matematika
yang tergolong rendah mengakibatkan pemahaman materi dan keseriusan siswa
dalam pembalajaran kurang maksimal.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh model
pembelajaran terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa, dimana
kemampuan pemecahan masalah siswa yang mendapatkan model pembelajaran
MURDER dibandingkan dengan siswa yang mendapatkan model pembelajaran
langsung. Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh disposisi
matematis terhadap kemampuan pemecahan masalah dan menganalisis pengaruh
antarkategori disposisi matematis tinggi, sedang, dan rendah. Penelitian ini juga
bertujuan untuk menganalisis ada tidaknya interaksi antara model pembelajaran dan
disposisi matematis siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah.
Tidak tersedia versi lain