Text
SKRIPSI EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN IPA BERPENDEKATAN STEM DENGAN MODEL PJBL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA
Pendidikan abad ke-21 menuntut siswa memiliki keterampilan berpikir kritis sebagai bekal menghadapi tantangan global, namun kenyataannya kemampuan berpikir kritis siswa di Indonesia masih tergolong rendah, termasuk di SMP Negeri 2 Bandongan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas model PjBL berpendekatan STEM terhadap keterampilan berpikir kritis siswa SMP pada materi ekologi. Penelitian menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Subjek penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang menerapkan model PjBL berpendekatan STEM dan kelas kontrol yang menggunakan model Direct Instruction. Instrumen penelitian berupa soal uraian pretest dan posttest berdasarkan 6 indikator berpikir kritis menurut Facione, yaitu interpretasi, analisis, inferensi, evaluasi, eksplanasi, dan regulasi diri. Data dianalisis menggunakan uji-t independen dan uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara kelas eksperimen dan kontrol pada posttest (signifikansi 0,004 < 0,05), serta rata-rata nilai N-Gain kelas eksperimen sebesar 0,6795 lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol sebesar 0,5535, meskipun keduanya berada pada kategori sedang. Hasil uji N-Gain per indikator menunjukkan bahwa kelas eksperimen memiliki peningkatan lebih merata pada seluruh indikator, sementara kelas kontrol masih rendah pada indikator analisis dan inferensi. Simpulan dari penelitian ini adalah model PjBL berpendekatan STEM efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa SMP, khususnya dalam konteks pembelajaran IPA. Saran yang diajukan adalah pentingnya penguatan strategi pembelajaran pada indikator berpikir kritis yang belum menunjukkan perbedaan mencolok antara kedua kelas, serta mendorong implementasi pembelajaran PjBL dan pendekatan STEM secara lebih luas untuk meningkatkan kualitas pendidikan IPA di sekolah.
Tidak tersedia versi lain