PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

SKRIPSI EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN IPA BERPENDEKATAN STEM DENGAN MODEL PJBL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA

RIEKE NUR SALSABILATUL KHUSNA - Nama Orang;

Pendidikan abad ke-21 menuntut siswa memiliki keterampilan berpikir kritis sebagai bekal menghadapi tantangan global, namun kenyataannya kemampuan berpikir kritis siswa di Indonesia masih tergolong rendah, termasuk di SMP Negeri 2 Bandongan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas model PjBL berpendekatan STEM terhadap keterampilan berpikir kritis siswa SMP pada materi ekologi. Penelitian menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Subjek penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang menerapkan model PjBL berpendekatan STEM dan kelas kontrol yang menggunakan model Direct Instruction. Instrumen penelitian berupa soal uraian pretest dan posttest berdasarkan 6 indikator berpikir kritis menurut Facione, yaitu interpretasi, analisis, inferensi, evaluasi, eksplanasi, dan regulasi diri. Data dianalisis menggunakan uji-t independen dan uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara kelas eksperimen dan kontrol pada posttest (signifikansi 0,004 < 0,05), serta rata-rata nilai N-Gain kelas eksperimen sebesar 0,6795 lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol sebesar 0,5535, meskipun keduanya berada pada kategori sedang. Hasil uji N-Gain per indikator menunjukkan bahwa kelas eksperimen memiliki peningkatan lebih merata pada seluruh indikator, sementara kelas kontrol masih rendah pada indikator analisis dan inferensi. Simpulan dari penelitian ini adalah model PjBL berpendekatan STEM efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa SMP, khususnya dalam konteks pembelajaran IPA. Saran yang diajukan adalah pentingnya penguatan strategi pembelajaran pada indikator berpikir kritis yang belum menunjukkan perbedaan mencolok antara kedua kelas, serta mendorong implementasi pembelajaran PjBL dan pendekatan STEM secara lebih luas untuk meningkatkan kualitas pendidikan IPA di sekolah.


Ketersediaan
#
Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) IPA KHU E 2025
93-UN57.U1-SI-VIII-2025
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
IPA KHU E 2025
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2025
Deskripsi Fisik
XV;208HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
500
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_ILMU_PENGETAHUAN_ALAM
FAKULTAS_FKIP
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • FULL TEXT
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?