Text
SKRIPSI RANCANG BANGUN ALAT EKSPERIMEN DISPERSI CAHAYA UNTUK PESERTA DIDIK BUTA WARNA
Pendidikan inklusi merupakan pendekatan pendidikan yang memberikan kesempatan setara untuk seluruh peserta didik, termasuk peserta didik dengan keterbatasan atau kebutuhan khusus. Salah satunya adalah peserta didik dengan keterbatasan penglihatan buta warna. Keterbatasan peserta didik untuk mengenali atau membedakan warna akan mempengaruhi aktivitas kesehariannya termasuk dalam pembelajaran IPA. Pada materi dispersi cahaya, peserta didik dengan keterbatasan buta warna tidak dapat membedakan cahaya monokromatik dari hasil penguraian cahaya polikromatik. Untuk mengatasi keterbatasan peserta didik buta warna dalam materi dispersi cahaya, dikembangkan alat eksperimen dispersi cahaya untuk peserta didik buta warna. Konsep kerja alat eksperimen ini adalah mengubah cahaya monokromatik yang dihasilkan dari proses dispersi menjadi bentuk suara yang dapat didengar. Pengembangan alat eksperimen ini dilengkapi dengan buku panduan dan lembar kerja peserta didik untuk melakukan kegiatan eksperimen dispersi cahaya. Adapun tujuan penelitian ini adalah menganalisis kevalidan alat eksperimen dan kepraktisan alat eksperimen dispersi cahaya untuk peserta didik buta warna menurut respons guru, peserta didik buta warna dan keterampilan eksperimen peserta didik saat melakukan eksperimen dispersi cahaya menggunakan alat yang dikembangkan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan dengan model pengembangan ADDIE. Telah dilakukan uji validitas alat eksperimen dispersi cahaya dan dinyatakan layak oleh validator ahli dengan perolehan skor V Aiken sebesar 0,968. Uji kepraktisan yang dilakukan oleh guru diperoleh hasil rata-rata 93% dan peserta didik 98% serta berdasarkan kepraktisan alat eksperimen terhadap keterampilan eksperimen peserta didik diperoleh rata-rata 88% dengan kriteria sangat terampil. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa alat eksperimen dispersi cahaya untuk peserta didik buta warna valid dan praktis digunakan dalam kegiatan pembelajaran.
Tidak tersedia versi lain