Text
SKRIPSI RANCANG BANGUN ALAT EKSPERIMEN GELOMBANG BUNYI BERBASIS ARDUINO UNO UNTUK PESERTA DIDIK TUNARUNGU
Alat eksperimen berperan penting dalam pembelajaran IPA karena membantu peserta didik memahami konsep secara lebih nyata. Penggunaannya sanga penting, tidak hanya untuk peserta didik reguler, tetapi juga untuk peserta didik tunarungu dalam pembelajaran inklusif. Semua peserta didik berhak memperoleh pendidikan yang setara dan berkualitas, termasuk peserta didik tunarungu. Pengembangan dan adaptasi alat eksperimen yang sesuai dengan karakteristik mereka merupakan hal yang sangat penting untuk mencapai pendidikan yang setara dan berkualitas bagi peserta didik berkebutuhan khusus. Gelombang bunyi merupakan suatu hal yang abstrak, sehingga peserta didik merasa kesulitan untuk memahami hal tersebut. Terlebih lagi peserta didik tunarungu, dengan keterbatasan pendengaran mereka akan lebih kesulitan memahami materi gelombang bunyi. Namun alat eksperimen gelombang bunyi untuk peserta didik tunarungu masih sangat terbatas, padahal sangat dibutuhkan. Maka solusi yang tepat dalam menyelesaikan permasalahan tersebut yaitu dengan mengembangkan alat eksperimen gelombang bunyi yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik tunarungu. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis kevalidan dan kepraktisan alat eksperimen gelombang bunyi berbasis arduino untuk peserta didik tunarungu. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development dengan mengaplikasikan model ADDIE. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner validasi ahli, kuesioner kepraktisan menurut guru, kuesioner kepraktisan menurut siswa, dan observasi keterampilan peserta didik dalam menggunakan alat eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa alat eksperimen gelmbang bunyi berbasis arduino uno dinyatakan valid dengan nilai koefisien validitas sebesar 0,947. Menurut guru, alat eksperimen gelombang bunyi berbasis arduino uno sangat praktis (92%), dan menurut peserta didik tunarungu juga sangat praktis (95%). Keterampilan peserta didik tunarungu dalam menggunakan alat eksperimen ini dinilai sangat terampil (94%). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwasanya alat eksperimen gelombang bunyi berbasis arduino uno untuk peserta didik tunarungu dinyatakan valid menurut ahli, sangat praktis menurut guru, sangat praktis menurut peserta didik tunarungu, dan kepraktisan peserta didik tunarungu ditinjau dari keterampilan menggunakan alat eksperimen dinilai sangat terampil.
Tidak tersedia versi lain