Text
SKRIPSI EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE BERBANTUAN SCIENCE FLASH CARD DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP ANAK TUNAGRAHITA PADA PEMBELAJARAN IPA
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas model pembelajaran Picture and Picture berbantuan science flash card dalam meningkatkan pemahaman konsep peserta didik tunagrahita ringan pada pembelajaran IPA materi pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain quasi experiment tipe nonequivalent control group design yang melibatkan enam peserta didik dari SLB/C YPPALB Kota Magelang, terbagi dalam kelompok eksperimen dan kontrol. Kelompok eksperimenn menggunakan Picture and Picture berbantuan science flash card, sedangkan kelompok kontrol menggunakan model pembelajaran langsung. Hasil analisis uji Independent Sample T Test menghasilkan nilai signifikansi sebasar 0,009 < 0,05 yang menunjukkan adanya perbedaan signifikan anatara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil uji N-Gain menunjukkan rata-rata peningkatan pemahaman konsep kelompok eksperimen dengan nilai N-Gain yaitu 0,751 (tinggi) dan kelompok kontrol dengan nilai N-Gain 0,481 (sedang). Dengan demikian model Picture and Picture berbantuan science flash card efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep peserta didik tunagrahita.
Tidak tersedia versi lain