PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

SKRIPI EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN DLPS (DOUBLE LOOP PROBLEM SOLVING) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI PADA MATA PELAJARAN IPA

WILDAN MUBAROK - Nama Orang;

Salah satu dari 6 kemampuan literasi yang penting di abad ke-21 adalah kemampuan literasi numerasi yang perlu dikembangkan dalam pembelajaran IPA. Akan tetapi, hafalan dan penyelesaian soal secara prosedural adalah aktivitas yang mendominasi dalam pembelajaran yang berlangsung di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas model pembelajaran Double Loop Problem Solving (DLPS) dalam meningkatkan kemampuan literasi numerasi peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan metode eksperimen semu (quasi eksperimen) dan pendekatan nonequivalent control group design. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Bandongan yang terbagi dalam kelas eksperimen (Model DLPS) dan kelas kontrol (Direct Instruction) yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan berupa tes literasi numerasi dalam bentuk pretest dan posttest. Hasil analisis menggunakan uji Independent Sample T-Test menghasilkan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 yang menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil uji N-Gain menunjukkan rata-rata peningkatan literasi numerasi kelas eksperimen sebesar 0,54 dengan kategori sedang dan kelas kontrol sebesar 0,25 dengan kategori rendah. Dengan demikian model pembelajaran Double Loop Problem Solving (DLPS) efektif dalam meningkatkan kemampuan literasi numerasi peserta didik.


Ketersediaan
#
Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) IPA MUB E 2025
89-UN57.U1-SI-VIII-2025
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
IPA MUB E 2025
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2025
Deskripsi Fisik
XV;152HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
500
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_ILMU_PENGETAHUAN_ALAM
FAKULTAS_FKIP
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • FULL TEXT
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?