Text
SKRIPI EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN DLPS (DOUBLE LOOP PROBLEM SOLVING) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI PADA MATA PELAJARAN IPA
Salah satu dari 6 kemampuan literasi yang penting di abad ke-21 adalah kemampuan literasi numerasi yang perlu dikembangkan dalam pembelajaran IPA. Akan tetapi, hafalan dan penyelesaian soal secara prosedural adalah aktivitas yang mendominasi dalam pembelajaran yang berlangsung di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas model pembelajaran Double Loop Problem Solving (DLPS) dalam meningkatkan kemampuan literasi numerasi peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan metode eksperimen semu (quasi eksperimen) dan pendekatan nonequivalent control group design. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Bandongan yang terbagi dalam kelas eksperimen (Model DLPS) dan kelas kontrol (Direct Instruction) yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan berupa tes literasi numerasi dalam bentuk pretest dan posttest. Hasil analisis menggunakan uji Independent Sample T-Test menghasilkan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 yang menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil uji N-Gain menunjukkan rata-rata peningkatan literasi numerasi kelas eksperimen sebesar 0,54 dengan kategori sedang dan kelas kontrol sebesar 0,25 dengan kategori rendah. Dengan demikian model pembelajaran Double Loop Problem Solving (DLPS) efektif dalam meningkatkan kemampuan literasi numerasi peserta didik.
Tidak tersedia versi lain