Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN MODUL IPA BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH
Keterampilan pemecahan masalah merupakan suatu kemampuan yang
sangat penting yang harus dimiliki oleh siswa karena dalam kehidupan sehari-hari,
setiap orang selalu menghadapi berbagai permasalahan yang perlu diselesaikan
sehingga memerlukan kreativitas untuk mencari solusinya (Permatasari, 2014).
Hasil observasi dan wawancara di SMP Negeri 3 Muntilan menunjukkan bahwa
proses pembelajaran masih bersifat konvensional dan berpusat pada guru, sehingga
siswa cenderung pasif, enggan bertanya, dan kurang mampu menyampaikan
pendapat. Kegiatan belajar belum mengembangkan keterampilan pemecahan
masalah secara optimal, karena materi ajar masih bergantung pada LKS yang
kurang mendukung pengembangan kemampuan tersebut. Oleh karena itu,
diperlukan solusi berupa pengembangan modul pembelajaran berbasis proyek
(PjBL). Modul ini dirancang agar siswa dapat belajar secara aktif, kontekstual, dan
kolaboratif, dengan mengerjakan proyek-proyek yang relevan dengan kehidupan
nyata. Melalui kegiatan tersebut, siswa diharapkan mampu berpikir kritis,
mengembangkan solusi secara mandiri, serta meningkatkan keterampilan
pemecahan masalah secara menyeluruh.Penelitian ini menggunakan metode
Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Modul
yang dikembangkan diimplementasikan di SMP Negeri 3 Muntilan dengan subjek
penelitian sebanyak 32 peserta didik kelas VII G, yang dipilih melalui teknik
purposive sampling. Uji coba dilakukan secara terbatas menggunakan desain one
group pretest-posttest. Hasil validasi oleh ahli menunjukkan nilai rata-rata
keseluruhan sebesar 0,78 yang termasuk dalam kategori cukup valid. Efektivitas
penggunaan modul dalam meningkatkan keterampilan pemecahan masalah peserta
didik memperoleh nilai N-gain sebesar 0,44, yang tergolong dalam kategori sedang.
Adapun kepraktisan modul pembelajaran IPA berbasis proyek dinilai berdasarkan
hasil angket respon peserta didik, yang menunjukkan persentase sebesar 8,79%,
sehingga masuk dalam kategori praktis. kesimpulan dari penelitian pengembangan
modul IPA berbasis proyek untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah
yang dikembangkan ini layak digunakan karena telah memenuhi aspek kevalidan,
keefektifan, dan kepraktisan.
Tidak tersedia versi lain