PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

SKRIPSI PENERAPAN MODEL ARGUMENT-DRIVEN INQUIRY (ADI) BERKONTEKS SOCIO SCIENTIFIC ISSUE (SSI) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERARGUMENTASI ILMIAH SISWA

DANYSA MULYANINGRUM - Nama Orang;

Keterampilan berargumentasi ilmiah merupakan kemampuan yang dimiliki siswa dalam merumuskan pernyataan yang didasarkan oleh bukti dan alasan yang relevan. Keterampilan ini perlu dikembangkan supaya siswa mampu berpikir secara logis, memiliki sudut pandang yang sistematis, serta mampu menyampaikan penjelasan yang rasional terhadap materi yang dipelajari. Namun, temuan dari penelitian sebelumnya serta hasil studi pendahuluan yang dilakukan di SMP Negeri 3 Grabag mengindikasikan bahwa keterampilan berargumentasi ilmiah siswa masih tergolong rendah. Rendahnya keterampilan berargumentasi ilmiah siswa disebabkan oleh kurangnya kesempatan siswa dalam mengembangkan keterampilan berargumentasinya selama pembelajaran seperti mengemukakan klaim, bukti, pembenaran, dan dukungan yang merupakan komponen utama argumentasi. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatan keterampilan berargumentasi ilmiah siswa adalah melalui penerapan model pembelajaran Argument-Driven Inquiry (ADI) berkonteks Socioscientific Issue (SSI). Tujuan penelitian ini adalah menganalisis peningkatan keterampilan berargumentasi ilmiah siswa setelah diterapkan model Argument-Driven Inquiry (ADI) berkonteks Socioscientific Issue (SSI). Penelitian ini menggunakan desain quasi-experiment nonequivalent control group design, yang melibatkan siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Grabag. Kelas VIII C ditetapkan sebagai kelompok kontrol, sedangkan kelas VIII D sebagai kelompok eksperimen, yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Data penelitian diperoleh dari hasil pretest dan posttest yang terdiri atas empat butir soal esai yang telah teruji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data dilakukan menggunakan uji Mann-Whitney U dan perhitungan N-Gain. Hasil uji Mann-Whitney U pada data pretest keterampilan berargumentasi ilmiah menunjukkan tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kontrol. Sebaliknya, hasil uji Mann-Whitney U pada data posttest menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 (< 0,05), yang mengindikasikan adanya perbedaan yang signifikan antara kedua kelompok. Nilai rata-rata N-Gain keterampilan berargumentasi ilmiah pada kelas eksperimen sebesar 0,84 yang termasuk dalam kategori tinggi, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 0,53 yang berada pada kategori sedang. Berdasarkan temuan penelitian dan hasil analisis, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Argument-Driven Inquiry (ADI) berkonteks Socioscientific Issue (SSI) secara signifikan mampu meningkatkan keterampilan berargumentasi ilmiah siswa. Dengan demikian, model Argument-Driven Inquiry (ADI) berkonteks Socioscientific Issue (SSI) terbukti dapat meningkatkan keterampilan berargumentasi ilmiah siswa.


Ketersediaan
#
Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) IPA MUL P 2025
96-UN57.U1-SI-VIII-2025
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
IPA MUL P 2025
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2025
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
500
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_ILMU_PENGETAHUAN_ALAM
FAKULTAS_FKIP
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • FULL TEXT
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?