PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

SKRIPSI ANALISIS KEMAMPUAN SISWA SMP DALAM MENGINTERPRETASI GRAFIK DI KOTA MAGELANG

ZHAFRAN HAIDAR FB - Nama Orang;

Kota Magelang merupakan daerah numerasi tertinggi tingkat SMP se-Jawa Tengah,
namun belum terdapat kajian spesifik mengenai kemampuan interpretasi grafik
sebagai bagian dari literasi numerasi-khususnya dalam ketidakpastian data.
Berdasarkan laporan Rapor Pendidikan 2024, numerasi siswa kota Magelang
meningkat tajam (87,35) tetapi belum tersedia data rinci terkait subkompetensi
menafsirkan grafik. Oleh sebab itu, dilakukan penelitian ini menganalisis
kemampuan interpretasi grafik siswa SMP di Kota Magelang pada konsep Gerak
Lurus Beraturan (GLB) dan Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB), mengingat
pentingnya kemampuan ini di abad ke-21 dan rendahnya tingkat pemahaman siswa
berdasarkan studi terdahulu untuk dipetakan secara mendalam meskipun capaian
numerasi secara umum tinggi.
Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan model
survei, penelitian ini melibatkan 433 siswa kelas VIII dari 5 SMP di Kota
Magelang, yang dipilih melalui disproportionate stratified cluster sampling. Data
dikumpulkan dengan tes pilihan 16 soal berbasis pilihan ganda dan dianalisis secara
statistik deskriptif. Hasil menunjukkan rata – rata skor siswa 8,66 dari 15, dengan
presentase 80,8 % siswa berada pada kategori sedang dalam kemampuan
interpretasi grafik, meskipun siswa baik dalam indikator menafsirkan grafik
kecepatan–waktu dengan penyebaran kategori tinggi sebesar 54,3%, mereka
kesulitan dalam memahami makna kemiringan grafik, luas area di bawah kurva,
serta membedakan konsep kecepatan dan percepatan dengan indikator terendah
menentukan percepatan dari grafik posisi-waktu dengan penyebaran kategori
rendah 52,7% Hal ini menunjukkan adanya kebutuhan untuk peningkatan
pemahaman siswa dalam aspek interpretasi grafik yang lebih kompleks.


Ketersediaan
#
Ruang Skripsi IPA HAI A 2025
97-UN57.U1-SI-VIII-2025
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
IPA HAI A 2025
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2025
Deskripsi Fisik
XIV;116 HLM;29,5 CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
500
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_ILMU_PENGETAHUAN_ALAM
FAKULTAS_FKIP
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • FULL TEXT
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?