Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATERI ZAT ADITIF DAN ZAT ADIKTIF
Pendidikan pada tingkat SMP ditujukan untuk pengembangan keterampilan berpikir kritis, tetapi hasil belajar yang didapatkan masih di bawah rata-rata internasional, seperti yang ditunjukkan oleh studi TIMSS dan PISA. LKPD ialah suatu lembar kerja dengan di dalamnya terdapat serangkaian aktifitas belajar peserta didik yang dilakukan dengan tujuan dapat mengaktifkan dan meningkatkan keterampilan. Penerapan LKPD berbasis Problem Based Learning sehaluan dengan kurikulum merdeka yang menekankan pada pembelajaran aktif diikuti permasalahan nyata sehingga pemahaman serta perolehan hasil pembelajaran peserta didik dapat meningkat. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menganalisis tingkat validitas LKPD berbasis Problem Based Learning dalam meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada materi zat aditif dan zat adiktif. Penelitian pengembangan yang digunakan adalah penelitian R&D model 4D yang dilakukan hanya sampai tahap development karena keterbatasan watu yang dimiliki. Uji validitas dilakukan oleh 6 validator yaitu 2 dosen IPA dan 4 guru IPA. Dengan demikian, kesimpulan dari penelitian ini adalah LKPD yang dikembangkan dengan berbasis Problem Based Learning memperoleh ratarata sebesar 4,26 dengan kategori sangat valid digunakan dengan sedikit revisi sehingga nantinya dapat meningkatkan hasil belajar kognitif pada peserta didik.
Tidak tersedia versi lain