Text
TESIS PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENULIS TEKS REKON BERBASIS TEKS SASTRA PADA SISWA KELAS IX
Penelitian ini berfokus pada pengembangan bahan ajar menulis teks rekon
berbasis teks sastra untuk siswa kelas IX. Permasalahan mencakup analisis kondisi
bahan ajar yang ada, analisis kebutuhan bahan ajar, desain rancangan bahan ajar
yang sesuai, dan hasil uji coba penggunaannya. Sejalan dengan itu, tujuan
penelitian ini adalah untuk mendapatkan hasil dari permasalahan seperti kondisi
bahan ajar, kebutuhan siswa, desain rancangan bahan ajar, dan hasil uji coba di
lapangan. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE. Data
dikumpulkan dari siswa kelas IX SMP Muhammadiyah Plus Gunungpring
menggunakan observasi, wawancara, dan angket sebagai instrumen. Teknik
pengumpulan data melibatkan studi kepustakaan, observasi, wawancara, dan
penyebaran angket, yang kemudian dilanjutkan dengan analisis data.
Berdasarkan analisis kondisi, bahan ajar yang ada dinilai belum memadai
karena tidak optimal memfasilitasi pemahaman siswa dan belum memenuhi kriteria
lengkap, bervariasi, interaktif, atau terstruktur untuk mendukung penulisan teks
rekon. Oleh karena itu, siswa kelas IX membutuhkan bahan ajar yang efektif.
Kebutuhan ini sangat diperlukan karena kurangnya bahan ajar yang ada belum
mampu memfasilitasi proses pembelajaran menulis teks rekon secara optimal.
Penelitian ini berhasil mengembangkan bahan ajar menulis teks rekon yang
mengintegrasikan teks sastra (novel) sebagai media/bahan ajar alternatif. Bahan
ajar yang dikembangkan ini telah melalui proses uji validasi oleh para ahli dan
terbukti sangat layak digunakan. Validasi oleh ahli materi menunjukkan tingkat
kelayakan 88,82% (sangat layak) dan ahli media/bahan ajar 81,67% (sangat layak).
Hal ini menunjukkan bahwa desain dan konten bahan ajar memenuhi standar
kualitas dan relevansi. Uji coba terbatas membuktikan efektivitas bahan ajar ini,
dengan rata-rata nilai siswa mencapai 90 dan respons positif dari peserta didik.
Tidak tersedia versi lain