PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

TESIS PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENULIS TEKS REKON BERBASIS TEKS SASTRA PADA SISWA KELAS IX

INAYAH ISNAINI FAIZAH - Nama Orang;

Penelitian ini berfokus pada pengembangan bahan ajar menulis teks rekon
berbasis teks sastra untuk siswa kelas IX. Permasalahan mencakup analisis kondisi
bahan ajar yang ada, analisis kebutuhan bahan ajar, desain rancangan bahan ajar
yang sesuai, dan hasil uji coba penggunaannya. Sejalan dengan itu, tujuan
penelitian ini adalah untuk mendapatkan hasil dari permasalahan seperti kondisi
bahan ajar, kebutuhan siswa, desain rancangan bahan ajar, dan hasil uji coba di
lapangan. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE. Data
dikumpulkan dari siswa kelas IX SMP Muhammadiyah Plus Gunungpring
menggunakan observasi, wawancara, dan angket sebagai instrumen. Teknik
pengumpulan data melibatkan studi kepustakaan, observasi, wawancara, dan
penyebaran angket, yang kemudian dilanjutkan dengan analisis data.
Berdasarkan analisis kondisi, bahan ajar yang ada dinilai belum memadai
karena tidak optimal memfasilitasi pemahaman siswa dan belum memenuhi kriteria
lengkap, bervariasi, interaktif, atau terstruktur untuk mendukung penulisan teks
rekon. Oleh karena itu, siswa kelas IX membutuhkan bahan ajar yang efektif.
Kebutuhan ini sangat diperlukan karena kurangnya bahan ajar yang ada belum
mampu memfasilitasi proses pembelajaran menulis teks rekon secara optimal.
Penelitian ini berhasil mengembangkan bahan ajar menulis teks rekon yang
mengintegrasikan teks sastra (novel) sebagai media/bahan ajar alternatif. Bahan
ajar yang dikembangkan ini telah melalui proses uji validasi oleh para ahli dan
terbukti sangat layak digunakan. Validasi oleh ahli materi menunjukkan tingkat
kelayakan 88,82% (sangat layak) dan ahli media/bahan ajar 81,67% (sangat layak).
Hal ini menunjukkan bahwa desain dan konten bahan ajar memenuhi standar
kualitas dan relevansi. Uji coba terbatas membuktikan efektivitas bahan ajar ini,
dengan rata-rata nilai siswa mencapai 90 dan respons positif dari peserta didik.


Ketersediaan
#
Ruang Skripsi PASCA-INDONESIA FAI P 2025
2-UN57.U1-S2.SIN-VIII-2025
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
PASCA-INDONESIA FAI P 2025
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2025
Deskripsi Fisik
XV;218 HLM;29,5 CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
410.1
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S2_PENDIDIKAN_BAHASA_INDONESIA
FAKULTAS_FKIP
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • FULL TEXT
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?