PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

SKRIPSI PENGEMBANGAN ALBUM HERBARIUM TUMBUHAN PAKU DI KEBUN RAYA GUNUNG TIDAR SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI KELAS FASE E SMA NEGERI 1 MUNTILAN

RIZKI NUR UTAMI - Nama Orang;

Gunung Tidar memiliki kawasan inti atau core area, yang merupakan
kawasan dengan vegetasi yang relatif rapat dan tak berpenghuni. Pada kawasan
tersebut banyak ditumbuhi jenis-jenis tumbuhan paku, dari jenis paku tanah
maupun epifit. Belum dilakukannya pengidentifikasian tumbuhan paku khususnya
di Zona D KRGT (Kebun Raya Gunung Tidar) menjadi peluang penelitian
pengembangan ini. Potensi dapat memberikan solusi alternatif pembuatan media
pembelajaran biologi untuk pembelajaran materi keanekaragaman hayati. Tujuan
penelitian ini ialah mengetahui jenis-jenis tumbuhan paku di Zona D KRGT dan
mengetahui kelayakan album herbarium tumbuhan paku di KRGT sebagai media
pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah gabungan dari penelitian
eksploratif serta Research and Development (R&D) menurut model Borg and Gall.
Pada penelitian ini, langkah-langkah penelitian diadaptasi dengan memodifikasi
tahapannya dari 10 langkah menjadi 7 langkah saja.
Hasil penelitian eksplorasi Zona D KRGT ditemukan 17 spesies tumbuhan
paku yang teridentifikasi melalui sumber pustaka, studi penelitian terdahulu,
bantuan aplikasi serta telah divalidasi oleh ahli spesies. Analisis kelayakan album
herbarium dilakukan dengan validasi dari ahli media, ahli materi dan guru biologi.
Selain itu, dilakukan uji coba produk skala kecil dengan memberikan angket
tanggapan pada siswa Fase E.7 SMA Negeri 1 Muntilan. Album herbarium
tumbuhan paku memperoleh hasil persentase sebesar 87,14% pada validasi
kelayakan yang meenjadikan produk berkategori sangat layak. Hasil dari angket
tanggapan siswa terhadap album yang dikembangkan juga berkategori sangat baik
dengan rata-rata hasil persentase sebesar 86,21%. Album herbarium tumbuhan paku
yang dikembangkan sebagai media pembelajaran biologi pada materi
keanekaragaman hayati dapat menjadi alternatif media pembelajaran di sekolah
dengan mengenal potensi lokal aneka tumbuhan paku yang ada di KRGT, Kota
Magelang.


Ketersediaan
#
Ruang Skripsi BIOLOGI UTA P 2025
81-UN57.U1-SPB-VIII-2025
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
BIOLOGI UTA P 2025
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2025
Deskripsi Fisik
XV;143 HLM;29,5 CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
570
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_BIOLOGI
FAKULTAS_FKIP
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • FULL TEXT
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?