Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN POP UP BOOK RELIEF LALITAVISTARA CANDI BOROBUDUR UNTUK MENDUKUNG PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS ETNOPEDAGOGI PADA MATERI MAMALIA
Candi Borobudur terletak di Desa Borobudur, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang. Pada Candi Borobudur, terdapat pesan mulia yang ditampilkan dengan relief-relief cerita yang dipahat di dinding candi serta dinding pagar langkan. Keanekaragaman mamalia pada relief Candi Borobudur berpotensi sebagai sumber belajar dalam bentuk Pop Up Book. Mengacu dari hasil wawancara bersama guru Biologi di SMA Negeri 1 Magelang, sumber belajar di SMA Negeri 1 Magelang memiliki karakteristik antara lain, belum memanfaatkan potensi sekitar, mempunyai konten yang belum mencakup fakta serta fenomena pada kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa Pop Up Book hasil identifikasi relief mamalia serta menganalisis kelayakan Pop Up Book berdasarkan aspek materi dan media serta mengetahui respon guru biologi serta peserta didik sebagai pengguna di kelas. Teknik penelitian yang dipakai yakni Research and Development (R&D) pada jenis penelitian dan pengembangan yang dipakai yakni model pengembangan 4D yang mencakup tahapan definisi (define), desain (design), pengembangan (develop), serta penyebaran (disseminate). Dalam penelitian ini dibatasi hingga sampai tahap ketiga yakni pengembangan (develop). Analisis kelayakan Pop Up Book dilakukan melalui validasi ahli materi serta ahli media. Di samping itu, dilakukan tanggapan guru biologi serta menguji produk pada skala kecil dengan uji keterbacaan serta lembar tanggapan peserta didik. Hasil penelitian yang telah dilakukan relief Lalitavistara Candi Borobudur didapatkan 23 profil mamalia yang ditemukan yaitu: 1) singa, 2) kelinci tengkuk cokelat, 3) bajing kelapa, 4) rusa timor, 5) pelanduk, 6) bajing garis hitam, 7) trenggiling peusing, 8) tikus hutan, 9) musang luwak, 10) gajah asia, 11) garangan jawa, 12) lutung budeng, 13) linsang, 14) kuda, 15) anjing, 16) kerbau, 17) sero ambrang, 18) babi celeng, 19) binturong, 20) kijang muncak, 21) jelarang hitam, 22) monyet kra, 23) Harimau. Hasil penilaian validator ahli materi dan ahli media 80% dengan kategori layak. Di samping itu, didapat persentase keterbacaan Pop Up Book oleh peserta didik sejumlah 89% tergolong pada kategori tinggi. Hasil uji respon guru biologi terhadap Pop Up Book sebesar 92,25% dengan kategori sangat layak dan respon peserta didik sejumlah 98,3% pada kategori sangat layak. Hal ini menunjukan bila Pop Up Book yang dikembangkan layak sesuai dengan standar BSNP 2014 dan dari hasil validasi ahli materi media serta tanggapan guru dan peserta didik.
Tidak tersedia versi lain