Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN E-LKPD SISTEM IMUN BERBASIS STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DILENGKAPI GAME EDUKATIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS XI SMAN 2 KOTA MAGELANG
Penelitian pengembangan ini berfokus pada permasalahan kurang optimalnya hasil belajar kognitif peserta didik pada materi sistem imun dan belum tersedianya bahan ajar e-LKPD yang disertai game edukatif dengan berbasis model pembelajaran. Sehingga, dibutuhkan bahan ajar yang bisa membantu meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah 1) menganalisis kelayakan e-LKPD sistem imun berbasis STAD yang dilengkapi game edukatif, dan 2) meninjau efektivitas e-LKPD berbasis STAD yang dilengkapi game edukatif. Metode penelitian ini menggunakan Research and Development model 4D yang dibatasi hingga 3D. Tahap-tahapnya yaitu 1) Define, untuk mendefinisikan masalah terkait bahan ajar yang ada, 2) Design, untuk menentukan rancangan e-LKPD seperti penyusunan outline, mendesain isi pembelajaran dan merancang alat evaluasi, 3) Develop, yaitu mengembangkan draft awal, validasi dan revisi produk, serta uji coba produk dengan penelitian pre experimental menggunakan teknik one group pretest post-test. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI di SMAN 2 Kota Magelang yang diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data penelitian terdiri dari wawancara, kuesioner, validasi, dan tes. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa e-LKPD ini sangat layak yang didapat dari hasil validasi pada media yaitu 91%, ahli materi mencapai 92%, kemudian hasil angket tanggapan guru memperoleh persentase 94%, dan hasil tanggapan peserta didik dengan persentase 96%. Hasil uji coba keefektifan e-LKPD terhadap hasil belajar kognitif peserta didik memperoleh nilai N-Gain sebesar 0,75 dalam kategori “tinggiâ€. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa e-LKPD sistem imun berbasis STAD dilengkapi game edukatif efektif dalam meningkatkan hasil belajar dan sangat layak untuk diterapkan sebagai bahan ajar pada materi biologi. Implikasi dari penelitian yang telah dilakukan yaitu e-LKPD dapat digunakan sebagai bahan ajar biologi dengan memaksimalkan pemanfaatan teknologi digital dan membantu untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Tidak tersedia versi lain