Text
SKRIPSI PENGARUH PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DIGITAL TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI TEKS NEGOSIASI SISWA KELAS X SMK CITRA MEDIKA KOTA MAGELANG
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas X SMK Citra Medika Kota Magelang pada saat ASTS (Asesmen Sumatif Tengah Semester) mata pelajaran bahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh pembelajaran berdiferensiasi digital terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia materi teks negosiasi siswa kelas X SMK Citra Medika Kota Magelang. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa akibat penggunaan pendekatan pembelajaran yang monoton dan belum sesuai dengan kebutuhan belajar siswa. Pembelajaran berdiferensiasi digital diterapkan sebagai solusi untuk menciptakan pembelajaran yang lebih variatif, sesuai gaya belajar, dan meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain true experimental tipe Pretest-Posttest control group design dan teknik random sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Citra Medika Kota Magelang, dengan sampel kelas X Farmasi 1 sebagai kelompok eksperimen dan kelas X Keperawatan 1 sebagai kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan berupa tes hasil belajar yang diberikan sebelum dan sesudah perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif pembelajaran berdiferensiasi digital terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan berdasarkan hasil uji Wilcoxon Signed-Rank Test diperoleh nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,000, yang berarti lebih kecil dari 0,05. Nilai statistik Z sebesar -4,548 juga memperkuat bahwa perubahan tersebut secara statistik signifikan. Dengan demikian, terdapat pengaruh berupa peningkatan nilai rata-rata hasil belajar pada kelompok eksperimen lebih signifikan dibandingkan kelompok kontrol. Selain itu, terdapat perbedaan signifikan antara hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran berdiferensiasi digital dengan yang tidak. Berdasarkan hasil uji Mann-Whitney U, nilai Asymp. Sig.(2 tailed) sebesar 0,000 yang berarti kurang dari taraf signifikansi 0,05. Dari hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar pada kelompok eksperimen dan kontrol. Hal ini juga didukung berdasarkan Mean Rank. Mean Rank dari kelompok eksperimen yakni 38,88, sedangkan pada kelompok kontrol 20,7. Berdasarkan hasil tersebut, rata-rata pada kelompok eksperimen lebih besar daripada kelompok kontrol.
Kata kunci: pembelajaran, diferensiasi digital, teks negosiasi
Tidak tersedia versi lain