PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

SKRIPSI PENGARUH PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DIGITAL TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI TEKS NEGOSIASI SISWA KELAS X SMK CITRA MEDIKA KOTA MAGELANG

RYO FIRMANSYAH - Nama Orang;

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas X SMK Citra Medika Kota Magelang pada saat ASTS (Asesmen Sumatif Tengah Semester) mata pelajaran bahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh pembelajaran berdiferensiasi digital terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia materi teks negosiasi siswa kelas X SMK Citra Medika Kota Magelang. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa akibat penggunaan pendekatan pembelajaran yang monoton dan belum sesuai dengan kebutuhan belajar siswa. Pembelajaran berdiferensiasi digital diterapkan sebagai solusi untuk menciptakan pembelajaran yang lebih variatif, sesuai gaya belajar, dan meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain true experimental tipe Pretest-Posttest control group design dan teknik random sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Citra Medika Kota Magelang, dengan sampel kelas X Farmasi 1 sebagai kelompok eksperimen dan kelas X Keperawatan 1 sebagai kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan berupa tes hasil belajar yang diberikan sebelum dan sesudah perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif pembelajaran berdiferensiasi digital terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan berdasarkan hasil uji Wilcoxon Signed-Rank Test diperoleh nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,000, yang berarti lebih kecil dari 0,05. Nilai statistik Z sebesar -4,548 juga memperkuat bahwa perubahan tersebut secara statistik signifikan. Dengan demikian, terdapat pengaruh berupa peningkatan nilai rata-rata hasil belajar pada kelompok eksperimen lebih signifikan dibandingkan kelompok kontrol. Selain itu, terdapat perbedaan signifikan antara hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran berdiferensiasi digital dengan yang tidak. Berdasarkan hasil uji Mann-Whitney U, nilai Asymp. Sig.(2 tailed) sebesar 0,000 yang berarti kurang dari taraf signifikansi 0,05. Dari hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar pada kelompok eksperimen dan kontrol. Hal ini juga didukung berdasarkan Mean Rank. Mean Rank dari kelompok eksperimen yakni 38,88, sedangkan pada kelompok kontrol 20,7. Berdasarkan hasil tersebut, rata-rata pada kelompok eksperimen lebih besar daripada kelompok kontrol.
Kata kunci: pembelajaran, diferensiasi digital, teks negosiasi


Ketersediaan
#
Ruang Skripsi (BAHASA INDONESIA) INDONESIA FIR P 2025
93-UN57.U1-SIN-VIII-2025
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
INDONESIA FIR P 2025
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2025
Deskripsi Fisik
XVI;208HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
410
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_BAHASA_DAN_SASTRA_INDONESIA
FAKULTAS_FKIP
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • FULL TEXT
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?