Text
SKRIPSI KELAYAKAN ISI DAN BAHASA BUKU TEKS BAHASA INDONESIA SMP/MTS KELAS IX KURIKULUM MERDEKA TERBITAN KEMENDIKBUD TAHUN 2022
Buku teks merupakan salah satu komponen penting dalam proses pembelajaran karena berfungsi sebagai acuan utama bagi guru dan peserta didik dalam mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan dalam kurikulum. Di jenjang SMP/MTs, khususnya kelas IX, keberadaan buku teks yang berkualitas menjadi sangat krusial karena materi yang disajikan tidak hanya menunjang proses pembelajaran di kelas, tetapi juga menjadi bekal penting bagi siswa dalam menghadapi ujian akhir. Buku teks yang baik harus memenuhi kriteria kelayakan isi, bahasa, penyajian, dan kegrafikan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tingkat kelayakan buku teks Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas IX Kurikulum Merdeka yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud) pada tahun 2022 berdasarkan keempat aspek tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan teknik analisis dokumen. Data dianalisis dengan mengacu pada standar penilaian buku teks dari Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP), yang mencakup indikator-indikator kelayakan isi, kelayakan bahasa, kelayakan penyajian, dan kelayakan kegrafikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku teks tersebut memiliki tingkat kelayakan isi sebesar 81,3%, kelayakan bahasa sebesar 86,8%, kelayakan penyajian sebesar 90,3%, dan kelayakan kegrafikan sebesar 93,6%. Keempat aspek tersebut berada dalam kategori “sangat layakâ€, sehingga dapat disimpulkan bahwa buku teks Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas IX Kurikulum Merdeka tahun 2022 layak digunakan dalam proses pembelajaran di sekolah. Temuan ini menunjukkan bahwa secara umum buku telah memenuhi standar kualitas yang diperlukan untuk mendukung pembelajaran yang efektif dan menyenangkan. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi para guru, pengembang buku, dan pemangku kepentingan pendidikan dalam memilih serta mengevaluasi buku teks agar lebih optimal dalam menunjang keberhasilan belajar siswa.
Kata Kunci: Buku Teks, Kelayakan Buku, Bahasa Indonesia.
Tidak tersedia versi lain