Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN MATERI AJAR MEMBACA TEKS FABEL PADA RELIEF CANDI MENDUT UNTUK BIPA LEVEL 4
pelajar BIPA. Namun, materi ajar yang digunakan masih terbatas pada buku teks
terbitan pemerintah yang masih bersifat umum. Hal ini mendorong lembaga
pelatihan BIPA untuk mengembangkan materi ajar sendiri yang disesuaikan dengan
kebutuhan masing-masing lembaga.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan analisis kebutuhan
pengembangan materi ajar membaca teks fabel pada relief Candi Mendut untuk
BIPA level 4. (2) Mengembangkan desain materi ajar membaca teks fabel pada
relief Candi Mendut untuk BIPA level 4.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan
(R&D) model 4D oleh Thiagarajan dkk. dan dibatasi sampai revisi. Teknik
pengumpulan data, meliputi wawancara, analisis dokuumen, observasi dan
penyebaran siswa BIPA. Analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif dan
kualitatif.
Hasil penelitan berupa materi ajar membaca teks fabel pada relief Candi Mendut
untuk BIPA level 4. Hasil uji validasi menunjukan kategori sangat baik dengan
perolehan persentase sebesat 86,36% untuk kelayakan isi dan 89,28% untuk
kelayakan tampilan. Revisi dilakukan dengan memperhatikan catatan dari
validator.
Hasil penelitian dapat dimanfaatkan sebagi materi ajar untuk meningkatkan
keterampilan membaca siswa, sebagai referensi sumber materi ajar bagi pengajar
BIPA, dan dapat dijadikan bahan penelitian selanjutam bagi peneliti lain.
Tidak tersedia versi lain