Text
SKRIPSI FAKTOR YANG MEMENGARUHI MINAT PEDAGANG DALAM MENERIMA TEKNOLOGI E-RETRIBUSI PASAR DI PASAR TUMENGGUNGAN KABUPATEN KEBUMEN (ANALISIS DENGAN MODEL UNIFIED MODEL OF ELECTRONIC GOVERNMENT ADOPTION)
ABSTRAK
FAKTOR YANG MEMENGARUHI MINAT PEDAGANG DALAM MENERIMA TEKNOLOGI E-RETRIBUSI PASAR DI PASAR TUMENGGUNGAN KABUPATEN KEBUMEN (ANALISIS DENGAN MODEL UNIFIED MODEL OF ELECTRONIC GOVERNMENT ADAPTION)
Marien Azizah (2120201058)
Jurusan Ilmu Administrasi Negara Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tidar
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat pedagang di Pasar Tumenggungan, Kabupaten Kebumen, dalam menerima teknologi e-retribusi pasar. E-retribusi pasar sebagai bagian dari e-government diharapkan meningkatkan efisiensi dan transparansi pengelolaan retribusi daerah. Namun implementasinya belum optimal. Penelitian ini penting untuk menangkap hambatan penerimaan teknologi dari sisi pedagang. Teori yang digunakan adalah teori adopsi penerimaan teknologi dan informasi dengan Model Unified Model of Electronic Government Adoption (UMEGA). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, dengan analisis data Structural Equation Modeling melalui software SmartPLS. Berdasarkan analisis data menggunakan model UMEGA, penelitian ini mengungkap enam faktor signifikan yang mempengaruhi minat perilaku (Behavioral Intention/BI) pedagang dalam menerima e-retribusi pasar di Pasar Tumenggungan. Ekspektasi kinerja (Performance Expectancy), ekspektasi usaha (Effort Expectancy), pengaruh sosial (Social Influence), dan sikap (Attitude) teridentifikasi memiliki pengaruh positif signifikan pada minat penggunaan teknologi. Kondisi fasilitas (Facilitating Conditions) tidak hanya mempengaruhi BI secara langsung, tetapi juga meningkatkan ekspektasi usaha. Namun, risiko yang dirasakan (Perceived Risk) tidak berdampak signifikan pada sikap pengguna. Nilai R-square sebesar 0.772 pada BI menunjukkan model mampu menjelaskan 77.2% varian, termasuk kategori kuat. Analisis mediasi menunjukkan peran sikap sebagai mediator paling dominan pada hubungan ekspektasi kinerja→sikap→BI (5.5%), sementara risiko mediasi→sikap→BI hanya 0.1%.
Kata Kunci: E-government, Adopsi teknologi, UMEGA model, E-retribusi pasar
Tidak tersedia versi lain