Text
SKRIPSI PENGARUH KUALITAS PELAYANAN SKCK TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT DI POLRES MAGELANG KOTA
ABSTRAK
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN SKCK TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT DI POLRES MAGELANG KOTA
Khofifah Apsari (2110201013)
Jurusan Ilmu Administrasi Negara Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tidar
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) terhadap kepuasan masyarakat di Polres Magelang Kota. Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya pelayanan publik yang berkualitas dalam meningkatkan kepuasan masyarakat terhadap institusi kepolisian. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan pendekatan kuantitatif. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang dibagikan kepada 370 responden yang merupakan masyarakat yang membuat SKCK di Polres Magelang Kota secara langsung. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan kuat dan positif antara variabel kualitas pelayanan dengan kepuasan masyarakat yang dapat dilihat dari hasil nilai koefisien korelasi sebesar 0,847 dan nilai Thitung > Ttabel yaitu 30,626 > 1,966 yang berarti Ha diterima dan Ho ditolah. Kemudian melihat dari hasil uji koefisien determinasi, variabel kualitas pelayanan berpengaruh 71,8% terhadap variabel kepuasan masyarakat.
Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Masyarakat, SKCK, Polres Magelang Kota
Tidak tersedia versi lain