Text
SKRIPSI INOVASI PELAYANAN PUBLIK MELALUI APLIKASI SISTEM INFORMASI DAN PELAYANAN ONLINE DESA KRANDEGAN (SIPOLGAN)
ABSTRAK
INOVASI PELAYANAN PUBLIK MELALUI APLIKASI SISTEM INFORMASI DAN PELAYANAN ONLINE DESA KRANDEGAN (SIPOLGAN)
Risa Emilasari (1710201120)
Inovasi Sistem Informasi dan Pelayanan Online Desa Krandegan (Sipolgan) merupakan suatu inovasi pelayanan online berbasis android sebagai upaya untuk memberikan pelayanan publik yang lebih efektif dan efisien. Penelitian ini bertujuan untuk medeskripsikan dan menganalisis inovasi pelayanan publik melalui aplikasi SIPOLGAN yang diterapkan di Desa Krandegan, Kecamatan Bayan Kabupaten Purworejo. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode peneitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa inovasi pelayanan publik melalui aplikasi SIPOLGAN sebagai gagasan baru yang bertujuan sebagai upaya perbaikan pelayanan publik serta sarana pelayanan publik yang memiliki nilai manfaat untuk masyarakat. Faktor pendorong inovasi pelayanan melalui aplikasi ini adalah masyarakat memerlukan pelayanan online sebagai solusi atas pembatasan sosial ketika pandemi Covid-19 beberapa tahun lalu serta kebutuhan pemantauan potensi bencana banjir melalui early warning system secara online. Sedangkan faktor penghambat inovasi ini yaitu setelah berakhirnya pandemi, sebagian masyarakat memilih produk lama yaitu pelayanan secara langsung datang ke kantor desa.
Kata kunci: Inovasi, Pelayanan Publik, Aplikasi
Tidak tersedia versi lain